Senin 13 Jun 2022 12:41 WIB

Sembilan JCH Embarkasi Solo Tertunda Berangkat karena Sakit

PPIH Embarkasi Solo pada Senin ini dijadwalkan menerbangkan JCH dua kloter.

REPUBLIKA.CO.ID,BOYOLALI -- Sebanyak sembilan orang jamaah calon haji (JCH) Embarkasi Solo, Jawa Tengah tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci bersama kelompok terbangnya (kloter), karena masih menjalani perawatan dan dirujuk ke rumah sakit.

"Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo hingga keberangkatan kloter 14 dari 43 kloter seluruhnya, ada sembilan calon haji yang sakit dan dirujuk ke rumah sakit," kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jateng, Senin (13/6/2022).

Baca Juga

JCH Embarkasi Solo yang menjalani perawatan dirujuk ke RSUD Dr Moewardi Solo dua orang, RS TNI Angkatan Udara (AU) Karanganyar lima orang, dan masih observasi di Poliklinik Asrama Haji Donohudan dua orang. "Dari sembilan calon haji yang dirawat itu, terdiri atas jamaah kloter 8 satu orang, kloter 12 (4), kloter 13 (1), dan 15 (3). Jamaah kloter 8 asal Kudus, kloter 12 asal Magelang, Kloter 13 asal Klaten, dan kloter 15 asal Sragen, " kata Sarip.

Menurut Sarip, kesembilan calon haji yang sakit dan dirujuk ke rumah sakit rata-rata mempunyai penyakit stroke, konjungtivitis, anemia, hipertensi, dan Diabetes Melitus (DM). Sarip mengatakan untuk kesembilan JCH yang masih sakit otomatis tertunda sementara keberangkatan dengan kloternya ke Tanah Suci, tetapi masih menunggu kondisi kesehatan terkini yang bersangkutan.

"Apabila jamaah yang sakit dan dirujuk ke RS sudah dinyatakan sehat atau layak terbang akan diberangkatkan dengan calon haji kloter berikutnya sesuai dengan open seat yang ada," katanya.

PPIH Embarkasi Solo pada Senin ini dijadwalkan menerbangkan JCH dua kloter, yakni kloter 14 asal Klaten dan Sragen dan kloter 15 asal Sragen. JCH kloter 14 telah diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 05.55 WIB sebanyak 359 orang. "JCH kloter 15 asal Sragen sebanyak 360 jamaah dijadwalkan diterbangkan dengan Garuda Indonesia nomor penerbangan GIA 6115 melalui Bandara Adi Soemarmo, pada pukul 22.50 WIB," katanya.

JCH Embarkasi Solo yang sudah tiba di Madinah Arab Saudi hingga kloter 13 sebanyak 4.651 jamaah dan yang sudah diberangkatkan hingga kloter 14 sebanyak 5.010 jamaah. Sedangkan JCH yang masuk asrama haji hingga kloter 15 sebanyak 5.369 jamaah dari rencana sebanyak 15.477 jamaah.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement