Senin 13 Jun 2022 16:33 WIB

Pentingnya Anak Berbakti Kepada Ibu Bapak

Alquran ungkap cara anak berbakti kepada kedua orang tuanya yakni ibu dan bapaknya.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Berbakti Kepada Orang Tua.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Berbakti Kepada Orang Tua.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Dalam Surah Al-Isra Ayat 23 dan tafsirnya, Allah SWT menjelaskan dan menegaskan cara anak berbakti kepada kedua orang tuanya yakni ibu dan bapaknya. Dalam ayat tersebut, juga ditegaskan pentingnya seorang anak berbuat baik kepada kedua orang tuanya.

۞ وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Baca Juga

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. (QS Al-Isra': 23)

Menurut Tafsir Kementerian Agama, dalam ayat ini, Allah memerintahkan kepada seluruh manusia, agar mereka memperhatikan beberapa faktor yang terkait dengan keimanan. Faktor-faktor itu adalah, pertama, agar manusia tidak menyembah tuhan selain Allah. Termasuk pada pengertian menyembah tuhan selain Allah adalah mempercayai adanya kekuatan lain yang dapat mempengaruhi jiwa dan raga selain yang datang dari Allah.

 

Semua benda yang ada, yang kelihatan ataupun yang tidak, adalah makhluk Allah. Oleh sebab itu, yang berhak mendapat penghormatan tertinggi hanyalah Zat yang menciptakan alam dan semua isinya. Dialah yang memberikan kehidupan dan kenikmatan kepada seluruh makhluk-Nya.

Maka apabila ada manusia yang memuja benda ataupun kekuatan gaib selain Allah, berarti ia telah sesat, karena semua benda-benda itu adalah makhluk-Nya, yang tak berkuasa memberikan manfaat dan tak berdaya untuk menolak kemudaratan, sehingga tak berhak disembah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement