Senin 13 Jun 2022 23:09 WIB

Begini Cara Cari Barang Hilang di Masjid Nabawi

Daker Madinah sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan Masjid Nabawi

Sekretaris Daker Madinah Abdillah
Foto: Republika/Syalabi
Sekretaris Daker Madinah Abdillah

IHRAM.CO.ID, MADINAH  — Otoritas Masjid Nabawi membuka layanan pencarian barang hilang (lost and found) di masjid tersebut. Menurut Sekretaris Daker Madinah PPIH Arab Saudi Abdillah, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat untuk pencarian barang hilang tersebut. 

Abdillah menjelaskan, Daker Madinah sudah menempatkan seorang petugas perempuan dengan tanda dan pengenal khusus. Dia bertugas untuk mengambil barang jamaah yang tertinggal atau hilang. “Pihak laki-laki belum ada persetujuan dari Masjid Nabawinya,”ujar Abdillah saat diwawancara Tim MCH di Daker Madinah, Madinah, Arab Saudi, Senin (13/6). 

Bagi jamaah yang merasa kehilangan barang, dia mengimbau untuk menghubungi petugas pos jaga di Pintu 333. Laporan tersebut akan diinventarisir untuk kemudian dicari di layanan barang hilang. Setiap hari, dia menjelaskan, ada laporan barang hilang dari jamaah Indonesia sejak tiba pada 4 Juni lalu. Rata-rata jamaah melaporkan kehilangan sandal. “Untuk barang berharga hingga saat ini belum ada,”jelas dia. 

Kepala Seksi Perlindungan Jamaah (Linjam) Harun Al Rasyid menjelaskan, layanan barang hilang di Masjid Nabawi bernama Mahfudzot. Dia menjelaskan, layanan tersebut untuk semua jamaah dari berbagai negara yang beribadah di Masjid Nabawi. 

Hanya saja, Harun mengimbau agar jamaah tidak sembarang memungut barang tercecer di area masjid. Menurut dia, masjid dilengkapi dengan CCTV yang akan memantau pergerakan jamaah. Meski niatnya sekadar untuk mengamankan barang tersebut, jamaah bersangkutan bisa diproses aparat setempat. “Lapor saja sama petugas atau askar kalau melihat barang tercecer,”jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement