Makkah Buka Layanan Kesehatan Terpusat Bagi Lansia

Selasa , 14 Jun 2022, 13:35 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Makkah Buka Layanan Kesehatan Terpusat Bagi Lansia. Foto:  Lansia pakai gagdet (ilustrasi)
Makkah Buka Layanan Kesehatan Terpusat Bagi Lansia. Foto: Lansia pakai gagdet (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- CEO Makkah Healthcare Cluster Dr. Hatem bin Ahmed Al-Omari meresmikan pusat kesehatan lansia dan geriatri di Rumah Sakit King Abdulaziz. Rumah sakit ini merupakan anggota dari Cluster Perawatan Kesehatan Makkah.

 

Terkait

Baca Juga

Layanan terpusat ini merupakan yang pertama di rumah sakit tingkat Kementerian Kesehatan, dalam upaya memberikan sarana pengobatan dan pencegahan untuk orang tua atau lanjut usia (lansia).

Dilansir di Arab News, Selasa (14/6/2022), fasilitas ini akan melakukan evaluasi kasus pasien yang berusia 65 tahun ke atas, melakukan diagnosis kondisi pasien termasuk  pengecekan gangguan kognitif, gangguan memori, penurunan fungsi dan pengobatan yang berlebihan.

Selain memberikan perawatan yang sesuai dengan kondisi medis, pusat ini juga menyediakan layanan perawatan di rumah untuk kasus yang sesuai dan memenuhi kondisi tertentu.

Kehadiran layanan ini adalah bagian dari model perawatan kesehatan modern yang diawasi oleh administrasi medis eksekutif dari cluster perawatan kesehatan di Makkah. Tujuannya, untuk mempromosikan hidup sehat melalui pencegahan dan pengobatan penyakit serta kecacatan pada orang tua.

Dalam kegiatan peluncuran layanan ini, Al-Omari juga diberi pengarahan tentang layanan yang diluncurkan oleh departemen eksekutif operasional yang diwakili oleh departemen layanan pengunjung.

Beberapa layanan telah digabungkan dalam satu situs yang menyediakan pencetakan dan pelaporan, koordinasi medis dan informasi kelayakan pengobatan, manajemen, departemen penerimaan dan keluarga, pemesanan janji rawat jalan, akses file medis, rujukan rawat jalan, serta pemesanan janji komite medis.

Pada upacara pembukaan yang dihadiri oleh pejabat senior dari Kementerian Kesehatan dan rumah sakit, Al-Omari memuji perkembangan pusat tersebut. Adapun pembukaan fasilitas baru ini menekankan upaya Kerajaan untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia dan layanan yang diberikan kepada mereka.

Pada 1990, Majelis Umum PBB memilih untuk menetapkan Hari Internasional untuk Orang Tua, yang dirayakan di seluruh dunia pada 1 Oktober setiap tahun.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2102641/saudi-arabia

Cek Typo

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini