Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rey Rey

5 Makanan Yang Wajib Dicoba Saat Mampir Di Jakarta

Kuliner | Wednesday, 15 Jun 2022, 09:15 WIB

Walaupun Jakarta dikenal sebagai Kota Metropolitan, tidak hanya hingar binger kehidupan glamor saja yang ada didalamnya. Sejarah berkata, sebelum kota ini bernama Jakarta, nama Batavia lebih familiar untuk memanggil Kota ini. Tetapi para penduduk pribumi memanggil kota ini dengan sebutan Betawi.

Banyak sekali kuliner khas Betawi yang selalu menjadi incaran para pendatang dari luar kota atau bahkan luar negri. Nah, berikut ini adalah 5 makanan yang wajib dicoba saat teman-teman mampir ke Jakarta, antara Lain:

1. Kerak Telor

Kerak telor adalah makanan khas Betawi paling legendaris yang dibuat dari bahan dasar beras ketan dan telur. Kemudian disajikan bersama serundeng sebagai topping di atasnya. Kerak telor dibuat di atas wajan dan menghasilkan rasa gurih yang menggugah selera. Kerak telor tak lepas dari kreativitas masyarakat Betawi dan menjadi jajanan tradisional yang sudah dinikmati sejak zaman kolonial Belanda dahulu

2. Soto Betawi

Soto adalah hidangan nusantara yang disukai oleh semua kalangan. Soto juga merupakan makanan khas Betawi yang memiliki keunikan sendiri. Soto Betawi terdiri dari kuah santan yang dipadukan dengan daging sapi dan jeroan yang memiliki cita rasa gurih yang khas. Menggunakan kari dan rempah-rempah yang menyegarkan. Bahan dan bumbu soto Betawi lainnya seperti tomat, seledri, dan kentang yang diolah menjadi perkedel. DItambah dengan taburan bawang goreng yang membuat semakin sedap rasanya.

3. Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan makanan khas Betawi dari wilayah Jakarta, Indonesia. Nasi uduk dimasak dari bahan nasi putih yang diaron dan dikukus dengan bahan santan. Kemudian dipadukan dengan bumbu sedap pala, kayu manis, daun serai, daun pandan, cengkeh, merica, dan jahe. Nasi uduk memiliki tekstur nasi yang lembut dan aroma rempahnya harum. Nasi uduk disajikan bersama lauk yang lezat, mulai dari daging ayam, bihun, telur, teri goreng, sambal kacang, dan kerupuk.

4. Bubur Ase

Orang Betawi mungkin lebih mudah menemukan Bubur Cianjur, Bubur Cirebon atau Bubur Sukabumi dibanding bubur ase ini sendiri. Bubur memang cocok dijadikan menu sarapan. Perbedaan bubur ase dengan bubur lainnya adalah disajikan dengan asinan atau acar dan semur ayam yang menghasilkan perpaduan rasa unik! DItambah dengan tauge, tahu, dan kecap yang membuat kuahnya semakin nikmat. Bubur ase masih dapat ditemui di daerah Tanah Abang dan Kwitang.

5. Bir Pletok

Bagi orang Betawi kebanyakan, bir pletok adalah sejenis wine atau bir tanpa alkohol. Bisa dikatakan bir pletok ini adalah arak versi halal yang dibuat sejak zaman kolonial dahulu. Minuman ini wajib ada di pesta rakyat Betawi. Rasanya yang khas manis, pedas, dan hangat membuat minuman ini banyak digemari. Nama pletok sendiri diambil dari suara yang keluar saat tutup botol arak biasanya dibuka.

Temukan berbagai restoran khas Indonesia yang menyajikan berbagai hidangan kuliner Kota Betawi di Yummy Advisor. Karena Yummy Advisor memiliki banyak rekomendasi tempat makan yang menyediakan berbagai macam hidangan khas Betawi yang tentunya memiliki rasa lezat di setiap gigitan.

Tentang yummyadvisor

Yummyadvisor adalah situs web yang menyediakan informasi Restoran kepada pengguna. Pengguna dapat dengan mudah melihat informasi seperti gambar, menu, dan ulasan restoran. Di yummyadvisor, Anda dapat dengan mudah menemukan restoran di dekat Anda dan jenis restoran yang Anda butuhkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image