Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bruno Lara

5 Oleh-Oleh Yogyakarta Yang Wajib Dibawa Pulang Setelah Liburan

Kuliner | Wednesday, 15 Jun 2022, 09:27 WIB

Yogyakarta kota yang penuh dengan budaya dan keindahan alamnya membuatnya menjadi salah satu daerah yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan local maupun mancanegara. Semua bisa kita temukan di Yogyakarta. Mulai dari oleh-oleh cenderamata dan bahkan hingga kuliner khasnya. Selain itu juga, semua barang-barang di Yogyakarta relatif murah.

Sangking banyak, murah, dan uniknya kalian bisa sampai kebingungan dalam memilih oleh-oleh apa yang akan kalian bawa pulang. Karena itu, kita akan menjabarkan 5 oleh-oleh kuliner Yogyakarta yang wajib dibawa pulang setelah liburan, antara lain:

1. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok mungkin bisa dikatakan sebagai oleh-oleh kuliner yang wajib dibawa pulang oleh para wisatawan. Cita rasa yang khas, tekstur yang lembut, dan tentunya harganya yang bersahabat membuat oleh-oleh satu ini menjadi favorit bagi para wisatawan untuk dibawa pulang. Rasanya kurang lengkap memang kalau pulang dari Yogyakarta tidak bawa Bakpia Patok.

2. Coklat Monggo

Siapa yang tidak suka Coklat? Mungkin bisa dibilang coklat adalah cemilan favorit semua orang. Di Yogyakarta, ada satu merek Coklat Batangan ayng cukup terkenal yaitu Coklat Monggo. Coklat Monggo dibuat dengan Coklat asli Indonesia dari Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. Kualitas dari Coklat Monggo tidak perlu diragukan lagi, deh pokoknya.

3. Bakpia Kukus Tugu Jogja

Oleh-oleh khas Yogyakarta memang tidak jauh dari Bakpia. Tapi Bakpia satu ini dibuat dengan metode kukus. Karena itu, Bakpia ini memiliki tekstur yang jauh lebih lembut dan fluffly dibanding Bakpia Pathok. Dan salah satu toko Bakpia Kukus paling terkenal adalah Bakpia Kukus Tugu Yogyakarta. Untuk mendapatkan oleh-oleh Bakpia Kukus Tugu Jogja kalian hanya harus mengeluarkan Rp. 25.000-Rp. 30.000 tergantung banyaknya Bakpia Kukus didalam kemasannya.

4. Yanko

Kudapan lezat yang bikin mulut rasanya mau ngunyah terus. Yup! Yangko namanya. Kudapan lezat khas Yogyakarta ini memiliki tekstur yang lembut dan juga kenyal layaknya kudapan Mochi. Rasa dari Yanko itu sendiri cukup manis dengan tingkat kekenyalan yang bisa memanjakan mulut. Kudapan Yanko itu sendiri biasanya dibuat secara spontan dan dilakukan di pabrik kecil ataupun usaha rumahan.

5. Tiwul

Tiwul bisa menjadi salah satu wisata kuliner atau oleh-oleh yang wajib kamu cicipi saat berwisata ke daerah istimewa Yogyakarta. Tiwul itu sendiri juga merupakan salah satu makanan pokok bagi warga Kota Yogyakarta pengganti nasi. Tiwul sendiri terbuat dari ketela pohon ataupun singkong. Tiwul memiliki cita rasa manis dan dimasak layaknya nasi. Tiwul bisa dijadikan oleh-oleh kudapan manis yang bisa di beli dalam bentuk Tiwul Instan atau yang sudah di olah dengan berbagai macam rasa.

Temukan berbagai restoran atau toko kuliner khas Yogyakarta yang menyajikan berbagai macam oleh-oleh dai Yogyakarta di Yummy Advisor. Karena Yummy Advisor memiliki banyak rekomendasi toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam wisata kuliner Yogyakarta yang tentunya memiliki rasa lezat di setiap gigitan.

Tentang yummyadvisor

Yummyadvisor adalah situs web yang menyediakan informasi Restoran kepada pengguna. Pengguna dapat dengan mudah melihat informasi seperti gambar, menu, dan ulasan restoran. Di yummyadvisor, Anda dapat dengan mudah menemukan restoran di dekat Anda dan jenis restoran yang Anda butuhkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image