Rabu 15 Jun 2022 20:17 WIB

Kemarin, Badai Debu Menyapu Makkah Selama 3 Jam

Badai debu terjadi pada sore waktu Arab Saudi dengan durasi tiga jam.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Dwi Murdaningsih
Jamaah haji mengenakan pelindung kepala dan wajah guna menghindari dari teriknya matahari dan debu di Makkah, Arab Saudi.
Foto: AP
Jamaah haji mengenakan pelindung kepala dan wajah guna menghindari dari teriknya matahari dan debu di Makkah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Badai debu sempat menyapu kota Makkah. Koordinator Emergency Medical Team (EMT) PPIH Arab Saudi dr. Erwinsyah mengatakan, badai debu memang sempat terjadi di Makkah. Badai debu terjadi pada sore waktu Arab Saudi dengan durasi tiga jam.

"Kejadian kemarin sore (Selasa, 14/6/2022) ada angin kencang dan tidak terlalu lama," kata Erwinsyah kepada Republika.co.id, Rabu (15/6/2022).

 

Erwinsyah menyampaikan, badai debu yang terjadi pada kemarin sore itu memang tidak lama waktunya. Hanya tiga jam mulai dari pukul 16.00 sampai 18.00 waktu Arab Saudi. Dia mengatakan debu yang terbawa angin tidak sampai menutup semua yang ada di sekitarnya.

 

"Tapi lumayan banyak pasir yang beterbangan," ujarnya.

 

Erwinsyah memastikan pada hari ke tiga jamaah haji ada di Makkah sejak 12 Juni, baru sore kemarin ada badai debu di Makkah. "Untuk musim haji ini, baru kejadian sore kemarin," katanya.

 

Namun, Erwinsyah tetap meminta jamaah haji juga petugas haji tetap waspada. Meski badai debu kekuatannya kecil dan tidak lama, jamaah tetap harus hati-hati, terutama ketika keluar pondokan.

 

"Jika terjadi angin kencang dan badai pasir, jamaah disarankan untuk tidak melakukan aktifitas di luar ruangan, kalau berada di luar, harap menggunakan APD lengkap," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement