Kamis 16 Jun 2022 16:53 WIB

India Ingin Perkuat Hubungan dengan ASEAN

India dan ASEAN menghadapi tantangan geopolitik akibat konflik di Ukraina.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Dalam foto yang disediakan oleh akun Twitter Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar, Jaishankar, tengah, berdiri bersama para menteri luar negeri Asia Tenggara pada awal pertemuan di New Delhi, India, Kamis, 16 Juni 2022.
Foto: Indian Foreign Minister S. Jaishankar's Twitt
Dalam foto yang disediakan oleh akun Twitter Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar, Jaishankar, tengah, berdiri bersama para menteri luar negeri Asia Tenggara pada awal pertemuan di New Delhi, India, Kamis, 16 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- India menggelar Special ASEAN-India Foreign Ministers Meeting (SAIFMM) di New Delhi, Kamis (16/5/2023). Lewat pertemuan itu, India hendak memperkuat hubungan dan kemitraan dengan negara-negara Asia Tenggara.

SAIFMM diketuai bersama oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) India S Jaishankar dan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan. Dalam sambutannya, S Jaishankar mengatakan, India dan ASEAN menghadapi tantangan geopolitik akibat konflik di Ukraina. Peperangan menimbulkan dampak terhadap ketahanan pangan dan energi serta melambungkan harga pupuk.

Baca Juga

Di sisi lain, krisis Ukraina pun menciptakan gangguan logistik serta rantai pasokan. “India mendukung penuh ASEAN yang kuat, bersatu, makmur, yang sentralitasnya di Indo-Pasifik diakui sepenuhnya,” kata S Jaishankar.

Menyambut komentar S Jaishankar, Vivian Balakrishnan mengatakan, agresi Rusia ke Ukraina telah menjungkirbalikkan sistem aturan dan norma internasional. Selain soal konflik tersebut, Balakrishnan turut menyinggung tentang persaingan antara Amerika Serikat (AS) dan China. Menurutnya, “kompetisi” perebutan pengaruh antara kedua negara tersebut memiliki implikasi langsung ke seluruh Asia.

“Perkembangan ini, jika tidak dikendalikan, dapat mengancam satu-satunya sistem perdamaian dan stabilitas yang telah kita andalkan sebagai dasar pertumbuhan serta perkembangan dan kemakmuran kita selama beberapa dekade,” kata Balakrishnan.

SAIFMM akan digelar hingga Jumat (16/6/2022). Penyelenggaraan kegiatan itu sekaligus bertepatan dengan peringatan 30 tahun hubungan dialog India-ASEAN. Pada 2021, perdagangan antara India dan negara ASEAN berjumlah lebih dari 78 miliar dolar AS.

Menurut Kementerian Perdagangan India, mereka mengekspor bahan kimia organik, mineral, kapal dan perahu, besi dan baja, obat-obatan, kapas, serta tembakau ke negara-negara ASEAN. Sementara dari ASEAN, India mengimpor batu bara, minyak sawit, telepon, kapal ringan, dan sirkuit elektronik.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement