Sabtu 18 Jun 2022 07:37 WIB

Ukraina Cabut Fasilitas Bebas Visa untuk Warga Rusia

Sebelumnya, warga Rusia tidak memerlukan visa untuk memasuki negara tetangganya itu.

Rep: Dwina Agustin/reuters/ Red: Muhammad Fakhruddin
Seorang wanita berjalan di depan sebuah bangunan yang dihancurkan oleh serangan, di Borodyanka, di pinggiran Kyiv, Ukraina, Minggu, 12 Juni 2022.
Foto: AP/Natacha Pisarenko
Seorang wanita berjalan di depan sebuah bangunan yang dihancurkan oleh serangan, di Borodyanka, di pinggiran Kyiv, Ukraina, Minggu, 12 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,KIEV -- Kabinet Ukraina menyetujui resolusi untuk melarang warga Rusia masuk Ukraina tanpa visa, Jumat (17/6).  Langkah itu kemungkinan akan dipandang sebagai tindakan mengingat perbatasan antara Rusia dan Ukraina sejak perbatasan ditutup akibat invasi pada 24 Februari.

Persyaratan visa ini akan mulai berlaku pada 1 Juli. Tindakan ini merupakan perubahan signifikan terhadap kemudahan perjalanan kedua negara tetangga yang sebelumnya diizinkan.

Baca Juga

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan di media sosial,  keputusan itu dimotivasi oleh ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap keamanan nasional, kedaulatan, dan integritas teritorial Ukraina.

Sebelum Rusia menginvasi Ukraina, warga Rusia tidak memerlukan visa untuk memasuki negara tetangganya itu. Banyak orang Rusia memiliki kerabat di seberang perbatasan, sementara yang lain melakukan perjalanan secara teratur untuk mengunjungi pantai selatan Ukraina dan kota-kota bersejarah.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan, Kementeriannya telah menganjurkan untuk mempersulit orang Rusia memasuki negara itu sejak awal perang yang dimulai Rusia. "Waktunya telah tiba untuk keputusan seperti itu. Ini adalah langkah bijaksana yang akan melindungi keamanan nasional negara kita," kata Kuleba dalam sebuah pernyataan.

Kuleba  mengatakan, tindakan itu simbol dari keputusan Kabinet bertepatan dengan Komisi Eropa yang merekomendasikan memberi Ukraina jalan menuju keanggotaan Uni Eropa (UE). "Arah pergerakan negara kita sudah jelas," katanya. 

 

Sumber: https://apnews.com/article/russia-ukraine-zelenskyy-travel-government-and-politics-b056acb50f082dd5f75ff416701682a0

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement