Ahad 19 Jun 2022 01:03 WIB

Kisah Sudirman Penyandang Disabilitas yang Naik Haji dari Jual Pulsa

Sudirman yang mengumpulkan Rp 20 ribu per hari dari berjualan pulsa akhirnya berhaji

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Sudirman yang mengumpulkan Rp 20 ribu per hari dari berjualan pulsa akhirnya berhaji. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Sudirman yang mengumpulkan Rp 20 ribu per hari dari berjualan pulsa akhirnya berhaji. Ilustrasi.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH - Sudirman, calon haji penyandang disabilitas asal Luwuk Timur, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, akhirnya menginjakkan kaki ke Tanah Suci. Ia berhaji dengan menggunakan uang simpanan dari hasil berjualan pulsa.

"Tidak pernah terbayang sebelumnya, apalagi langsung sholat Jumat di Masjid Nabawi," kata Sudirman seperti dikutip dari Media Center Haji di Madinah, Sabtu (19/6/2022).

Baca Juga

Setelah menunggu selama 12 tahun, Sudirman yang mengumpulkan Rp 20 ribu per hari dari berjualan pulsa akhirnya terbang dari kampung halaman dan tiba di Madinah. "Jual pulsa, setiap ada lebih saya tabung minimal Rp 20 ribu sehari, dikumpulin. Dibantu orang tua juga," kata bapak satu anak itu.

Ia berangkat ke Tanah Suci bersama tantenya, sedangkan sang istri belum mendapatkan panggilan untuk berhaji. Dengan kondisinya yang terbatas karena postur tubuhnya yang kecil tidak seperti orang lain, ia merasa sangat terbantu selama beribadah di Tanah Suci, banyak yang membantu dan sudah layaknya keluarga.

Namun Sudirman tidak mau diperlakukan seperti orang yang tidak mampu karena kondisi tubuhnya. Ia ingin diperlakukan seperti layaknya jamaah haji lain. "Di sini semua baik, makanan enak, seperti punya keluarga baru. Sejak masuk embarkasi sampai di sini selalu dibantu tidak pernah bawa sendiri," katanya mengapresiasi layanan yang diberikan petugas haji Indonesia.

Orang tua memberikan motivasi agar Sudirman naik haji demi menyempurnakan rukun Islam kelima. "Jangan patah semangat, pasti ada jalan ke sini," katanya memotivasi untuk naik haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement