Senin 20 Jun 2022 03:11 WIB

Beruang Kutub Greenland Adaptasi dengan Hidup tanpa Es Laut

Beruang kutub tenggara beradaptasi dengan lingkungan yang dianggap mustahil.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Beruang Kutub. ilustrasi.
Foto: USGS
Beruang Kutub. ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beruang kutub telah lama dianggap sebagai potret hewan yang mewakili  pemanasan global pada alam. Asalannya sederhana:  beruang bergantung pada es laut untuk berburu anjing laut. Oleh karena itu perubahan iklim dapat menghancurkan habitat kritis beruang, sehingga menempatkan spesies terancam punah. 

Namun, sekarang ada sedikit kabar baik. Para ilmuwan menemukan bahwa populasi beruang di Greenland tenggara telah beradaptasi untuk berburu di lingkungan air tawar, yang sebelumnya dianggap mustahil.

Baca Juga

Penemuan mengejutkan menunjukkan bahwa beruang kutub (atau setidaknya beberapa beruang kutub) dapat bertahan hidup dalam kisaran kondisi yang lebih luas daripada yang diyakini para ilmuwan sebelumnya. Temuan ini meningkatkan kemungkinan bahwa beruang tertentu di area tertentu akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan iklim. 

Namun, banyak masalah mengenai populasi yang baru ditemukan di Greenland tetap tidak terjawab, dan tidak boleh langsung mengambil kesimpulan tentang semua beruang kutub. Studi ini menggabungkan tujuh tahun data baru dari pantai tenggara Greenland dengan data historis 30 tahun. 

Karena cuacanya yang tidak dapat diprediksi, hujan salju yang tinggi, dan pegunungan yang curam, wilayah tersebut hanya menerima sedikit penelitian. Data populasi, genetik, dan mobilitas para peneliti menunjukkan bagaimana beruang berhasil berkembang meskipun akses mereka terbatas ke es laut.

Perubahan iklim dan beruang kutub

Perbedaan genetik antara kelompok beruang ini dan tetangga genetik terdekatnya, lebih besar daripada populasi beruang kutub yang diketahui sebelumnya. Dengan kata lain, populasi ini mungkin memiliki variasi genetik yang signifikan dari populasi beruang kutub lainnya.

Tidak cukup untuk diklasifikasikan sebagai spesies yang berbeda, tetapi cukup untuk menunjukkan divergensi. Beruang kutub tenggara adalah kelompok beruang kutub yang paling terisolasi secara genetik di dunia, menurut Beth Shapiro, rekan penulis studi. Spesies ini telah hidup sendiri setidaknya selama beberapa ratus tahun.

Beruang dikelilingi di semua sisi oleh perairan terbuka Selat Denmark di timur, puncak gunung dan Lapisan Es Greenland di barat, dan arus pesisir Greenland Timur yang mengalir. Beruang itu dilengkapi dengan alat pelacak satelit dan sampel DNA diambil untuk penelitian.

Beruang Greenland Tenggara hanya memiliki akses ke es laut selama empat bulan dalam setahun, dari Februari hingga akhir Mei. Beruang mengambil pendekatan yang berbeda untuk sisa tahun ini. Mereka berburu anjing laut di bongkahan es air tawar yang memecahkan Lapisan Es Greenland.

Kemampuan beruang ini untuk hidup menunjukkan bahwa gletser yang mengakhiri laut dapat berfungsi sebagai tempat perlindungan iklim skala kecil, sebuah situs di mana beberapa beruang mungkin dapat bertahan hidup saat es laut terus menghilang, menurut para peneliti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement