Selasa 21 Jun 2022 16:42 WIB

Memudahkan Ibadah Jamaah Haji, Hotel di Makkah Dilengkapi Mushala

Jamaah diminta tidak memaksakan diri ke Masjidil Haram karena cuaca panas.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji Indonesia. Ilustrasi. Memudahkan Ibadah Jamaah Haji, Hotel di Makkah Dilengkapi Mushala
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Jamaah haji Indonesia. Ilustrasi. Memudahkan Ibadah Jamaah Haji, Hotel di Makkah Dilengkapi Mushala

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Mengingat cuaca di Arab Saudi saat ini sangat panas, jamaah haji Indonesia diimbau tidak memaksakan diri beribadah di Masjidil Haram. Untuk itu, setiap hotel di Makkah telah disiapkan dengan fasilitas tempat ibadah.

“Di setiap hotel telah disediakan fasilitas ibadah atau mushala. Kami mengimbau kepada seluruh jamaah untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jamaah tidak harus memaksakan diri selalu sholat di Masjidil Haram,” kata Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin dalam keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga

Upaya preventif ini dinilai sangat penting, dengan tujuan agar jamaah dapat menjaga waktu istirahat dengan cukup, mengingat pelaksanaan wukuf yang masih lama. Fauzin, yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag mengajak Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kelompok terbang (Kloter) dan Sektor untuk terus memberikan bimbingan dan pendampingan.

Menurutnya, sampai hari ini tercatat ada 164 persoalan yang ditangani PPIH Sektor Khusus Masjidil Haram. Mayoritas persoalan ini disebabkan jamaah kelelahan yang berlebih sehingga terpisah dari rombongan, sakit, serta perlu bantuan untuk menyelesaikan ibadahnya.

“Pemerintah benar-benar menekankan pentingnya menjaga kesehatan agar seluruh jemaah haji dapat melaksanakan wukuf dalam keadaan sehat, hikmat dan tertib,” ucapnya.

Sampai dengan hari ini, sebanyak 51.987 jamaah haji reguler telah diberangkatkan ke Tanah Suci, baik yang mendarat di Madinah maupun Jeddah. Selain itu, ada 1.234 jamaah haji khusus yang juga telah tiba di Arab Saudi.

“Tercatat ada 108 jamaah haji reguler yang sakit. Terdiri atas 98 orang rawat jalan, tujuh orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan dua orang dirawat di RSAS. Jamaah yang wafat sebanyak tujuh orang,” lanjutnya.

Untuk hari ini, sebanyak 4.799 jamaah haji gelombang kedua diberangkatkan menuju Jeddah. Ribuan jamaah ini terbagi dalam 13 kloter dan berangkat dari 10 embarkasi. Masing-masing dua kloter berangkat dari Embarkasi Jakarta – Bekasi/JKS (820 jamaah), Solo/SOC (720 jamaah), dan Surabaya/SUB (900 jamaah). Masing-masing satu kloter berangkat dari Embarkasi Banjarmasi/BDJ (360), Batam/BTH (450), Aceh/BTJ (65), Jakarta – Pondok Gede/JKG (393), Lombok/LOP (393), Medan/MES (305), dan Makassar/UPG (360).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement