Selasa 21 Jun 2022 17:39 WIB

Pesan dan Harapan Kiai Aceng Zakaria ke Kader Persis di Sidang Dewan Hisbah

Dewan Hisbah Lengkap gelar sidang sebagai rangkaian Muktamar Persis

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum PP Persis, KH Aceng Zakaria, berharap muncul kader-kader ulama di Dewan Hisbah Persis
Foto: Darmawan/Republika
Ketua Umum PP Persis, KH Aceng Zakaria, berharap muncul kader-kader ulama di Dewan Hisbah Persis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis) membuka Sidang Dewan Hisbah Lengkap Kelima pada Selasa (21/6/2022). Kegiatan tersebut juga merupakan agenda dari penyerta Muktamar Persis. 

Ketua Umum Persis, KH Aceng Zakaria, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, terutama panitia lokal dan anggota-anggota Dewan Hisbah. 

Baca Juga

Dia berharap agar dari tempat ini, yakni Pesantren Persis 50 dapat berkembang dan maju serta lahir generasi-generasi ulama yang menjadi anggota Dewan Hisbah. Secara khusus, Kiai Aceng berpesan di hadapan seluruh peserta Sidang Dewan Hisbah, dia sangat berharap agar ke depan disiapkan kader-kader anggota yang memiliki spesifikasi ilmu khusus. 

"Kami berharap bahwa di Persis itu ada yang khusus mendalami ilmu tafsir dan Alquran, ada yang khusus mendalami ilmu musthalah dan haditsnya, ada yang khusus mendalami ilmu kebahasaan, dan ada yang khusus mendalami sirah," kata Kiai Aceng dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (21/6/2022). 

Kiai Aceng sangat berharap kader-kader di pemuda Persis dapat mewujudkan harapan tersebut. Dewan Hisbah sebagai majelis khusus harus diisi kader-kader yang mumpuni dengan disiplin keilmuannya. 

Sementara, Ketua Dewan Hisbah Persis, KH Romli, menyikapi tiga anggota Dewan Hisbah yang telah meninggal dunia, dan ada juga tiga anggota Dewan Hisbah yang mengundurkan diri.

Dia menegaskan, bahwa Dewan Hisbah ini adalah Ruh Jamiyyah Persatuan Islam. "Oleh sebab itu, jagalah Dewan Hisbah bersama-sama. Kedua, Agar keputusan-keputusan yang diambil memperhatikan pijakan yang sudah disepakati (jangan keluar darinya), yaitu Alquran dan sunnah," kata Kiai Romli 

Kegiatan sidang lengkap ini dihadiri tidak hanya oleh seluruh anggota Dewan Hisbah, juga hadir juga oleh para pucuk pimpinan dari badan-badan otonom, seperti PP Persistri, PP Pemuda Persis, PP Pemudi Persis, Hima dan Himi Persis. 

Untuk diketahui, Sidang Dewan Hisbah Lengkap Kelima digelar di Pesantren Persis 50 Ciputri Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada 21-22 Juni 2022.       

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement