Kamis 23 Jun 2022 07:31 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Berangkatkan 70 Persen Jamaah Haji

Sejumlah bandara AP II ditetapkan sebagai embarkasi jamaah haji tahun ini

Rep: rahayu subekti/ Red: Hiru Muhammad
Calon jamaah haji saat bersiap menaiki pesawat di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (4/6/2022).  Sebanyak 393 jamaah haji kloter pertama asal DKI Jakarta mulai diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang  Banten. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Calon jamaah haji saat bersiap menaiki pesawat di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (4/6/2022). Sebanyak 393 jamaah haji kloter pertama asal DKI Jakarta mulai diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten. Republika/Thoudy Badai

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) mdmastikan penerbangan haji di lima bandara AP II brrjalan lancar. Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara yang paling banyak melayani keberangkatan jamaah haji.  

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, periode 4-21 Juni 2022 sebanyak 79 penerbangan haji dari Bandara Soekarno-Hatta sudah diberangkatkan untuk mengantar 20.475 jemaah haji ke Tanah Suci. “Jumlah itu sudah mencapai 70 persen dari total 29.221 jamaah haji yang direncanakan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta,” kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (22/6/2022). 

Baca Juga

Bandara AP II yang ditetapkan sebagai embarkasi keberangkatan haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang). Begitu juga dengan Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Bandara Minangkabau (Padang). 

Awaluddin menuturkan jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Soekarno-Hatta terbanyak berasal dari Jawa Barat dengan 9.824 jamaah haji. Kemudian Banten sebanyak 3.923 jamaah haji, DKI Jakarta sebanyak 3.523 jamaah haji, dan Lampung sebanyak 3.205 jamaah haji.

Dia mengatakan penyelenggatan angkutan haji 2022 adalah yang pertama sejak dua tahun terakhir. Pada 2020 dan 2021 Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji karena dampak dari pandemi Covid-19. 

“Karena itu, seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta berkoordinasi erat agar penyelenggaraan angkutan haji 2022 berjalan dengan baik, termasuk mendukung inisiatif Makkah Road,” kata Awaluddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement