Kamis 23 Jun 2022 14:33 WIB

Calon Jamaah Haji Diminta Kenakan Ihram Sejak di Embarkasi

Setibanya di Bandara Jeddah itu jamaah tinggal melaksanakan sholat sunnah umroh.

Kedatangan jamaah haji gelombang 2 perdana di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAIA), Jeddah, Ahad (19/6). Calon Jamaah Haji Diminta Kenakan Ihram Sejak di Embarkasi
Foto: dok. MCH
Kedatangan jamaah haji gelombang 2 perdana di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAIA), Jeddah, Ahad (19/6). Calon Jamaah Haji Diminta Kenakan Ihram Sejak di Embarkasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama mengimbau calon jamaah haji untuk mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi pemberangkatan di Tanah Air. Hal itu karena waktu di Bandara Jeddah, Arab Saudi terbatas.

"Kami sudah bersurat ke embarkasi dan Kanwil Kemenag seluruh Indonesia sejak 30 Mei 2022, untuk mengimbau dan mensosialisasikan agar jamaah mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi," ujar Kepala Seksi Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU Daker Bandara Wahyu Dewarini dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga

Rini mengatakan imbauan itu perlu disampaikan mengingat calon jamaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang kedua seluruhnya mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. Dari Jeddah, jamaah segera diberangkatkan ke Makkah untuk melaksanakan umroh wajib.

Dengan demikian, setibanya di Bandara Jeddah itu jamaah tinggal melaksanakan sholat sunnah umroh. Untuk niat dan miqat, bisa memilih antara dari embarkasi, Yalamlam (di atas pesawat), atau saat tiba di Jeddah.

 

"Kami juga mengimbau KBIH agar jamaah tidak mengenakan atribut KBIH, melainkan atribut nasional, yakni batik," ujar Rini.

Hal senada disampaikan Petugas Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU Daker Bandara, Zulkarnain Nasution. Dia melihat masih ada beberapa calon haji yang belum mengenakan kain ihram saat tiba di Bandara Jeddah.

Menurut dia, fungsi Layanan Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU untuk memberikan edukasi dan memandu jamaah. Mereka mesti mengecek ihram jamaah dan mengajak mereka meluruskan niat.

"Apakah sudah niat atau belum, lalu sholat sunahnya dan pakaian ihram untuk laki-laki, memang kelihatan masih datang dengan baju, tapi setelah di plaza mereka semua berganti pakaian dan berangkat menuju Makkah," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement