Kamis 23 Jun 2022 22:03 WIB

Xi Jinping Pimpin KTT BRICS

Xi mendorong masyarakat internasional mempraktikkan multilateralisme sejati.

Presiden China Xi Jinping
Foto: AP Photo/Ng Han Guan
Presiden China Xi Jinping

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Presiden China Xi Jinping memimpin Konferensi Tingkat Tinggi ke-14 Asosiasi Lima Negara Berkembang Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (BRICS) melalui video streaming dari Beijing, Kamis malam."KTT ini diselenggarakan di tengah masa depan umat manusia sedang kritis," ujar pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu.

Oleh sebab itu, Jinping mengajak negara-negara BRICS sebagai pasar utama negara berkembang bekerja dengan penuh tanggung jawab membangun kekuatan dunia yang positif, stabil, dan konstruktif.

Baca Juga

"Berbicara tentang kesetaraan dan keadilan, kita perlu mendorong masyarakat internasional mempraktikkan multilateralisme sejati dan menjunjung tinggi sistem internasional dengan menempatkan PBB sebagai bagian utama," ucapnya.

Xi juga mengajak komunitas internasional menolak mentalitas Perang Dingin dan menentang sanksi sepihak terhadap salah satu negara."Kita perlu menghimpun kekuatan untuk memulihkan perekonomian, meningkatkan koordinasi kebijakan ekonomi makro, menjaga keamanan rantai pasokan tetap stabil, dan membangun sistem perekonomian dunia lebih terbuka," katanya.

Ia menekankan perlunya mendorong pembangunan berkelanjutan dengan lebih banyak melakukan investasi di bidang pengentasan kemiskinan, pangan, pendidikan, dan kesehatan.Presiden Xi berharap adanya dialog yang lebih mendalam yang bisa menjadi bahan kebijakan dan gagasan dalam meningkatkan kualitas kerja sama BRICS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement