Jumat 24 Jun 2022 23:05 WIB

Jabar Bergerak Zillenial Bagikan 10 Ribu Sembako Peringat HUT Eril

Paket sembako akan didistribusikan ke yang membutuhkan di 18 kota/kabupaten di Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pengerjaan paket bantuan sembako untuk Gerakan Berbagi Kebaikan dan Keberkahan (GEBERKHAN) dalam rangka memeringati ulang tahun putranya almarhum Emmeril Kahn Mumtadz, yang jatuh pada Sabtu (25/6/2022).
Foto: Instagram Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pengerjaan paket bantuan sembako untuk Gerakan Berbagi Kebaikan dan Keberkahan (GEBERKHAN) dalam rangka memeringati ulang tahun putranya almarhum Emmeril Kahn Mumtadz, yang jatuh pada Sabtu (25/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jabar Bergerak Zillenial (JBZ) merealisasikan aksi sosial jejak kebaikan Almarhum Emmeril Kahn Mumtadz melalui GEBERKAHN (Gerakan Berbagi Kebaikan dan Keberkahan) Sabtu (25/6/2022). Sebanyak 10 ribu paket sembako akan didistribusikan bagi yang membutuhkan di 18 kota/kabupaten JBZ daerah di Jabar. 

Pada momen tersebut bersamaan dengan hari jadi yang ke-23 almarhum Eril, sapaan Emmeril Kahn Mumtadz. Seperti yang diamanatkan sang ayah Eril, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, keluarga akan melanjutkan kebaikan-kebaikan Alm Eril yang semasa hidupnya lekat dengan kegiatan sosial. 

Baca Juga

Pada hari lahir Eril, Ridwan Kamil mengimbau ada kegiatan berbagi guna meningkatkan kesalehan sosial. Menurut Ketua JBZ Nadzrizal Habib, seiring dengan rencana GEBERKAHN ini, pihaknya mendapatkan bantuan dari donatur JBZ sebanyak 10 ribu paket sembako yang akan disalurkan serentak di 18 kota/kabupaten Jabar pada Sabtu (25/6/2022). Pihaknya menyalurkan paket sembako dari titik kemas yang dipusatkan di Gedung Pakuan, Kota Bandung ke empat titik penyaluran paket pada Jumat (24/6/2022). 

"Empat titik pusat penyaluran itu di JBZ Depok, Cirebon, Purwakarta dan juga Kota Tasikmalaya. Pembagian paket sendiri akan dimulai pada pukul 10.00 WIB Sabtu," ujar Nadzrizal di sela pengemasan paket di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (24/6/2022).

Menurutnya, tambahan paket berbagi selain 10 ribu sembako terdapat di antaranya ribuan nasi kotak, ice cream, paket kebersihan, bunga, coklat, dan lain-lain. Ribuan paket tersebut turut melibatkan komunitas-komunitas sosial di daerah untuk sama-sama menyalurkan bantuan paket sembako tersebut. 

Selain pembagian paket sembako, Nadzrizal mengatakan, pihaknya pun akan melakukan aksi sosial lainnya bersama Jabar Bergerak yaitu membagikan 150 nasi bungkus di kawasan Jalan Astanaanyar, Kota Bandung. 

"Juga nanti di kegiatan GEBERKAHN itu kita juga punya campaign, istilahnya, menebar kebaikan dengan cara apapun, dengan membantu orang tua menyebrang jalan, atua dengan cara-cara lain. Jadi, selain kita membagikan sembako, juga ngadain campaign kayak gitu. Campaign sudah diunggah di IG JBZ dan itu secara berkala," katanya. 

Dia mengatakan, kegiatan serupa tidak hanya dilakukan pada momen GEBERKAHN saja. Pihaknya berencana menyasar orang-orang yang membutuhkan di sembilan kota kabupaten lainnya. "Insya Allah nanti Oktober akan ada kegiatan serupa," katanya. 

Nadzrizal mengatakan, dengan adanya GEBERKAHN perdana ini, diharapkan pihaknya selaku generasi muda dapat menebar kebermanfaatan lebih luas lagi, dan bisa mengajak anak-anak muda (Zillenial) untuk bisa menebar kebaikan dengan cara apapun, kapan pun dan di mana pun. Bahkan hanya dengan menebar senyuman. 

Melalui JBZ, dia mengakui banyak belajar mengenai arti bermanfaat untuk sesama dan masyarakat luas. Terlebih dengan sosok mentor almarhum Eril yang meninggalkan teladan untuk JBZ. 

"Sebenarnya banyak banget pesan A Eril ke Izal sendiri. Untuk JBZ ke depannya. Saya sendiri dari daerah alhamdulillah banget dikasih kesempatan dan kepercayaan. Karena A Eril itu enggak memandang latar belakang yang penting selaras dengan visi misi JBZ," paparnya. 

Pada kesempatan yang berbeda, Pendiri Jabar Bergerak, Atalia Praratya Ridwan Kamil mengapresiasi insiatif ini. Dia berharap gerakan ini dapat diikuti oleh jejaring anak muda yang lain. 

“Kami mengapresiasi inisiasi JBZ untuk melanjutkan kebiasaan baik Eril. Semoga bisa menjadi gerakan bersama yang diikuti oleh sebanyak-banyaknya anak muda Indonesia," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement