Rabu 29 Jun 2022 21:42 WIB

Daop 3 Cirebon Ajak Berani Lawan Pelecehan dan Kekerasan Seksual

Kegiatan kampanye itu merupakan bagian dari kegiatan kampaye oleh PT KAI.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Penumpang bersiap menaiki KRL Commuter Line di Stasiun Matraman (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Penumpang bersiap menaiki KRL Commuter Line di Stasiun Matraman (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT Kereta Api Indonesia Daop 3 Cirebon melaksanakan kegiatan kampanye melawan tindak kekerasan seksual, Rabu (29/6/2022). Kegiatan yang digelar di Stasiun Cirebon itu juga dilaksanakan bersama 15 anggota Pramuka Kwarcab Kota Cirebon. 

Kegiatan kampanye itu merupakan bagian dari kegiatan kampaye oleh PT KAI, yang dilakukan secara serentak di beberapa stasiun se-Jawa Sumatra. Selain di Stasiun Cirebon, PT KAI Daop 3 juga menyelenggarakan acara serupa di Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu. 

Baca Juga

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto mengatakan, tujuan dari kampanye serentak itu adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat, agar tidak melakukan tindak kekerasan dan pelecehan seksual di transportasi umum, khususnya kereta api. "PT KAI Daop 3 Cirebon selalu berkomitmen untuk mewujudkan transportasi kereta sebagai transportasi yang aman, sehat, nyaman dan cepat bagi para pelanggannya," ujar Suprapto. 

Sebagai bagian dari komitment tersebut, lanjut Suprapto, pihaknya mengajak kepada masyarakat supaya saling menghargai dan menghormati sesama pelanggan, ketika menggunakan layanan KAI. Guna menyemarakan kegiatan itu, peserta kampanye menggunakan kostum penari topeng, yang menjadi ciri khas Cirebon. 

Selain menyampaikan orasi untuk melawan tindak kekerasan seksual, ditampilkan pula hiburan tari topeng, pembagian stiker kampaye maupun souvenir. Misalnya berupa boneka, bunga dan mug gratis kepada para penumpang KA. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement