Lima Alasan 10 Hari Pertama Dzulhijah Istimewa

Kamis , 30 Jun 2022, 14:04 WIB Reporter :Ratna ajeng tejomukti/ Redaktur : Muhammad Hafil
Lima Alasan 10 Hari Pertama Dzulhijah Istimewa. Foto:   Ilustrasi Bulan di Tahun Hijriyah
Lima Alasan 10 Hari Pertama Dzulhijah Istimewa. Foto: Ilustrasi Bulan di Tahun Hijriyah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sesaat lagi akan memasuki bulan Dzulhijah. Di dalam bulan tersebut 10 hari pertama Dzulhijah merupakan hari yang istimewa. 

 

Terkait

Melansir laman aboutislam.net berikut lima alasan 10 hari pertama Dzulhijah begitu istimewa,

Baca Juga

Pertama, hari yang terbaik. Beberapa hadits menyebutkan bahwa hari-hari ini adalah yang  terbaik, Jabir melaporkan bahwa Nabi (damai dan berkah besertanya) mengatakan: Hari-hari terbaik di dunia adalah 10 [hari Dzulhijah]” (Diriwayatkan oleh Al-Albani)

Kedua, waktu terbaik untuk berbuat baik. Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Nabi (damai dan berkah besertanya) mengatakan 

“ Tidak ada hari yang amal shalehnya lebih dicintai Allah daripada sepuluh hari itu. “

Mereka berkata: “Wahai Rasulullah! Bahkan Jihad karena Allah tidak?”

Rasulullah bersabda:

“ Bahkan tidak berjihad di jalan Allah, kecuali jika seseorang keluar dengan diri dan hartanya dan tidak kembali dari itu dengan apa pun. ” ( At-Tirmidzi )

Ketiga, Allah bersumpah dengan mereka dalam Alquran. Banyak ulama, termasuk Sahabat Nabi Ibnu Abbas dan Ibnu Az-Zubair menafsirkan  Surat Al-Fajr ayat dua, 

وَلَيَالٍ عَشْرٍ

demi malam yang sepuluh, 

mengacu pada 10 hari pertama Dzulhijah.

Keempat, hari yang terbaik. Abdullah ibn Qurt melaporkan bahwa Nabi menggambarkan 10 Dzulhijah, hari pengorbanan, sebagai hari terbaik di sisi Allah. (Abu Dawud dan disahkan oleh Al-Albani).

Kelima, hari Arafah hari yang penuh berkah. Hari Arafah adalah hari yang sangat Istimewa. Ini termasuk salah satu ritual terpenting haji yakni wukuf di Arafah. Selama hari itu, Allah memberkati hamba-hamba-Nya dengan pengampunan dan belas kasihan yang luar biasa.

Dari `Aisyah bahwa Nabi (damai dan berkah besertanya) berkata, “ Tidak ada hari di mana Allah membebaskan lebih banyak budak dari Neraka daripada yang Dia lakukan pada hari Arafah. ”

Bahkan non jamaah haji mendapat bagian berkat mereka pada hari ini.  Puasa pada hari Arafah menghapus dosa-dosa mereka selama dua tahun penuh, satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

Sumber:

https://aboutislam.net/shariah/refine-your-heart/advice/5-reasons-dhul-hijjah-10-days-special/

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini