Jumat 01 Jul 2022 13:43 WIB

Masjidil Haram Siap Terima Jamaah Haji pada Jumat Pertama Dzulhijjah

Masjidil Haram Siap Terima Jamaah haji di Jumat Pertama Dzulhijjah

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Masjidil Haram Siap Terima Jamaah Haji pada Jumat Pertama Dzulhijjah. Foto:  Jamaah haji Indonesia yang telah bergeser ke Makkah dari Madinah melaksanakan umrah wajib di Masjidil Haram, Rabu (15/6).
Foto: dok. MCH
Masjidil Haram Siap Terima Jamaah Haji pada Jumat Pertama Dzulhijjah. Foto: Jamaah haji Indonesia yang telah bergeser ke Makkah dari Madinah melaksanakan umrah wajib di Masjidil Haram, Rabu (15/6).

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Masjidil Haram di Makkah menyatakan sepenuhnya siap menerima peziarah dan jamaah pada Jumat pertama Dzulhijjah. Hal ini disampaikan oleh Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci.

Jumat ini akan menjadi salah satu yang tersibuk sepanjang tahun, karena banyak peziarah telah tiba di Makkah menjelang puncak musim haji, yang akan dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah (7 Juli).

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Jumat (1/7/2022), pihak Kepresidenan telah meminta 400 karyawan untuk menerima jamaah dan peziarah, mengarahkan mereka ke mataf dan berbagai ruang sholat lainnya, sekaligus mengatur jalur masuk dan keluar dari dan ke Masjidil Haram.

Operasi pembersihan dan sterilisasi juga telah diintensifkan. Pihaknya juga akan melakukan peningkatan distribusi air Zamzam kepada pengunjung.

Setidaknya sekitar 4.000 karyawan ditugaskan untuk membersihkan Masjidil Haram sepuluh kali sehari, dengan menggunakan 13.000 liter disinfektan.

Sebanyak 25.000 wadah Zamzam telah tersebar di sekitar masjid. Selain itu, 20 gerobak pintar yang menampung 80 liter air akan dioperasikan, serta menyediakan 516 air keran untuk minum.

Selain itu, sekitar 600 karyawan telah ditempatkan di pintu masjid untuk menerima pengunjung dan mengarahkan mereka ke area yang benar, mengatur masuk dan keluar. Mereka juga akan mendukung kerja personel keamanan dalam mengalihkan dan mengarahkan jamaah ketika area sholat terisi.

Sebanyak 100 karyawan siap membantu peziarah melakukan tawaf dan ritual lainnya, sesuai dengan cara yang benar. 

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2114246/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement