Senin 04 Jul 2022 10:23 WIB

Pesan Menag Jelang Wukuf: Petugas dan Jamaah Harus Jaga Kesehatan

Fase kedatangan jamaah haji Indonesia reguler telah berakhir.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan pesan khusus kepada petugas dan jamaah saat tiba di Jeddah, Senin (4/7/2022). Pesan Menag Jelang Wukuf: Petugas dan Jamaah Harus Jaga Kesehatan
Foto: Kemenag
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan pesan khusus kepada petugas dan jamaah saat tiba di Jeddah, Senin (4/7/2022). Pesan Menag Jelang Wukuf: Petugas dan Jamaah Harus Jaga Kesehatan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan pesan khusus kepada petugas dan jamaah. Hal ini ia sampaikan menjelang fase puncak musim haji, yaitu wukuf di Arafah, serta mabit di Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Ia pun menitipkan pesan kepada petugas dan jamaah harus terus menjaga kesehatan. Sebab, cuaca di Arab Saudi tidak seperti di tanah air.

Baca Juga

"Saya harap di sisa waktu sampai puncak ibadah haji, petugas dan jamaah masing-masing tetap jaga kesehatan dan perdalam manasik," kata Yaqut saat berada di Jeddah dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (4/7/2022).

Bagi petugas, diminta untuk tetap bertugas sesuai kewajiban dan melayani jamaah dengan baik. Jika jamaah terlayani dengan baik, mereka bisa beribadah dengan baik dan semua mendapat haji mabrur dan mabrurah.

 

Yaqut pun mengaku mengikuti informasi seputar penyelenggaraan ibadah haji. Ia banyak mendapat informasi terkait kebahagiaan jamaah dalam menjalani ibadah haji. 

"Semoga kebahagiaan ini bertahan hingga semua pulang. Saya melihat pelayanannya pun sangat baik," lanjut dia.

Selanjutnya, Yaqut menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman, Putra Mahkota Muhammad bin Salman dan Menteri Haji Arab Saudi. Mereka semua disebut telah memberikan kemudahan, yang membuat pelayanan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) lebih baik kepada jamaah.

"Di Indonesia, kita juga banyak dibantu oleh Kedubes Arab Saudi sehingga kita bisa memberikan beragam fasilitas agar jamaah bisa beribadah dengan baik dan lancar," ujarnya.

Penerbangan jamaah haji Indonesia untuk kuota reguler sudah berakhir. Kloter 43 Embarkasi Solo (SOC) 43 yang mendarat Ahad (3/7/2022) siang menandai berakhirnya fase kedatangan.

Total, sebanyak 92.668 jamaah haji Indonesia reguler telah diberangkatkan ke Tanah Suci. Periode keberangkatan jamaah dilakukan mulai 4 Juni hingga 3 Juli 2022. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement