Rabu 06 Jul 2022 00:44 WIB

Menag Pastikan Pelayanan di Arafah Sudah Baik

Akan tetapi Menag minta pendingin ruangan di tenda Arafah ditambah.

Rep: Achmad Syalaby Ichsan/ Red: Fian Firatmaja
Kunjungan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau fasilitas tenda di Arafah, Selasa (5/7).
Foto: MCH
Kunjungan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau fasilitas tenda di Arafah, Selasa (5/7).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meninjau fasilitas tenda di Arafah yang akan digunakan jamaah haji Indonesia untuk beristirahat saat melakukan wukuf pada 9 Dzulhijjah 1443 Hijriyah, Selasa (5/7/2022) WAS. Ikut dalam pengecekan ini, delegasi Amirul Hajj dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Bersama Yaqut, mereka melihat sejumlah fasilitas di Arafah. Saat melakukan tinjauan, Yaqut meminta agar fasilitas AC ditambah dengan kipas angin besar agar jamaah menjadi lebih nyaman.

Ia yang mencoba kasur busa untuk jamaah juga mengungkapkan, layanan tahun ini jauh lebih baik ketimbang musim haji sebelumnya. Hanya saja, dia meminta jamaah tak membandingkan fasilitas di Arafah dengan layanan hotel. Terlebih, tenda-tenda tersebut cuma dimanfaatkan untuk sekadar beristirahat bukan menginap.

Layanan lainnya adalah toilet. Yaqut melihat itu juga sudah disiapkan lebih banyak, termasuk sejumlah toilet portabel. Ini menurutnya penting agar jamaah tidak lama mengantre, baik saat akan mandi, bersuci, maupun buang hajat.

Selama di Arafah, jamaah akan mendapat layanan katering sebanyak lima kali di Arafah. Layanan katering juga diberikan 10 kali saat di Mina, dan satu paket snack di Muzdalifah. Katering akan disiapkan dengan menu Nusantara agar jamaah bisa menikmatinya.

Yaqut mengungkapkan, pendeknya persiapan yang hanya dua bulan tak mengurangi kualitas layanan. Meski ada beberapa catatan yang harus dikoreksi, dia menjelaskan, secara umum pelayanan di Arafah tergolong baik.

 

 

 

 

Videografer | Achmad Syalaby Ichsan

Video Editor | Fian Firatmaja

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement