Kamis 07 Jul 2022 05:45 WIB

Menlu AS Berkunjung ke Indonesia dan Thailand Pekan Ini

Menlu AS Antony Blinken akan menghadiri pertemuan menlu G20

Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan melakukan kunjungan ke Bali dan Bangkok, Thailand pekan ini, kata Departemen Luar Negeri AS pada Selasa (5/7/2022).
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan melakukan kunjungan ke Bali dan Bangkok, Thailand pekan ini, kata Departemen Luar Negeri AS pada Selasa (5/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan melakukan kunjungan ke Bali dan Bangkok, Thailand pekan ini, kata Departemen Luar Negeri AS pada Selasa (5/7/2022).

Blinken pada Rabu (6/7/2022) waktu setempat, akan bertolak ke Bali untuk menghadiri pertemuan Menteri Luar Negeri G20, kata juru bicara Deplu AS Ned Price. Price mengatakan Blinken akan memperkuat komitmen AS untuk bekerja dengan mitra internasional untuk menghadapi tantangan global, termasuk kerawanan pangan dan energi dan ancaman perang berkelanjutan Rusia di Ukraina terhadap tatanan internasional.

Baca Juga

Blinken juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, kata Price. Menlu AS juga akan bertemu dengan Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di sela-sela G20.

Di Bangkok, Blinken akan bertemu Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha dan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Don Pramudwinai, imbuh Price.

"Dia ingin membahas berbagai masalah, termasuk membangun keberhasilan agenda APEC 2022 Thailand selama tahun tuan rumah APEC 2023 kami, memperluas kerja sama kesehatan dan iklim, dan mengatasi krisis di Myanmar,” kata jubir deplu AS.

"Dia juga akan bertemu dengan alumni program pertukaran AS, mengunjungi Pusat Operasi Darurat Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, dan mengunjungi pusat penampungan dan kesejahteraan bagi korban perdagangan manusia," kata pernyataan itu.

“Aliansi AS-Thailand sangat penting untuk memajukan strategi Indo-Pasifik untuk kawasan yang bebas dan terbuka, terhubung, sejahtera, aman, dan tangguh,” ujarnya.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/menlu-as-berkunjung-ke-indonesia-dan-thailand-minggu-ini/2631082
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement