Jumat 08 Jul 2022 20:13 WIB

Menag: Jadikan Perbedaan sebagai Kekuatan

Haji Akbar, Menag: Jadikan Perbedaan sebagai Kekuatan

Rep: A Syalaby Icshan/ Red: Agung Sasongko
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyapa jamaah di Hotel Kiswah Tower, Makkah, yang hendak berangkat menuju Arafah pada Kamis (7/7/2022).
Foto: Republika/Achmad Syalaby Ichsan
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyapa jamaah di Hotel Kiswah Tower, Makkah, yang hendak berangkat menuju Arafah pada Kamis (7/7/2022).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap haji akbar menjadi momentum untuk membuat segala perbedaan yang ada di tengah bangsa Indonesia sebagai kekuatan. Menurut Menag, bangsa Indonesia memiliki ragam suku bangsa bahasa, ras, warna kulit dan agama yang seharusnya menjadi sumber kekuatan.

"Dari perbedaan yang selama ini seakan akan menjadi biang perpecahan. Seolah-olah menjadi biang pertengkaran diantara kita, kita harus jadikan perbedaan dan kebinekaan yang kita miliki selama ini menjadi kekuatan,"ujar menag kepada tim MCH setelah mengikuti khutbah Wukuf Arafah dan ibadah sholat Zuhur dan Ashar di Masjid Misi Haji Indonesia di Padang Arafah, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga

Lebih lanjut, Menag mengungkapkan, haji kali ini merupakan haji perdana setelah sempat vakum selama dua tahun setelah pandemi. Menag berharap tidak akan terjadi sesuatu pada musim haji tahun ini. Terlebih, ujar dia, angka kasus Covid-19 di Arab Saudi sekitar 300 kasus per hari.

Meski demikian, Menag tetap mengimbau kepada jamaah untuk mematuhi protokol kesehatan. Dia pun bersyukur jamaah dikaruniai kesehatan selama menjalani ibadah wukuf. "Semoga semua sehat dan baik-baik saja hingga berakhirnya prosesi haji,"jelas Menag.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement