Jumat 08 Jul 2022 20:15 WIB

Wukuf Jadi Momentum Tobat Jamaah

Jamaah mendengarkan khutbah wukuf

Rep: A Syalaby Icshan/ Red: Agung Sasongko
Infografis Wukuf Puncak Haji, Apa yang Dilakukan Jamaah Selama di Arafah?
Foto: Republika.co.id
Infografis Wukuf Puncak Haji, Apa yang Dilakukan Jamaah Selama di Arafah?

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH -- Jamaah haji asal Indonesia mulai mengikuti prosesi wukuf di Padang Arafah, Arab Saudi, Jumat (8/7/2022). Jamaah memadati Masjid yang terletak di dekat Tenda Misi Haji Indonesia. Bagi yang tidak dapat masuk ke masjid, jamaah juga menggelar karpet dengan berlindung di bawah pepohonan.

Jamaah mendengarkan sambutan dari Duta Besar RI untuk Arab Saudi dan Wakil Ketua DPR RI.Jamaah juga akan mendengarkan khotbah wukuf yang akan dibawakan oleh Bimbingan Ibadah (Bimbad) Daker Makkah Prof Muhammad Mukri yang akan membawakan khutbah bertema Haji Akbar dan Moderasi Beragama dari Tanah yang Mulia. Setelah itu, jamaah melaksanakan sholat fardhu yakni sholat Zuhur dan Ashar berjamaah. Sholat tersebut akan dilaksanakan dengan cara digabung (jamak qashar).

Baca Juga

Usai prosesi khutbah dan sholat selesai, jamaah bisa melakukan wukuf secara individu. Wukuf yang secara istilah bermakna berdiam diri kerap dimanfaatkan oleh jamaah haji untuk berdoa. Salah satu jamaah asal Cilegon, Mad Wawak Zuhri, mengaku terharu karena akan melaksanakan ibadah wukuf.

Saat menjalani ibadah tersebut, Zuhri mengaku akan bertobat kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah dilakukan selama hidupnya.

"Mungkin saya dipanggil karena saya banyak dosa sehingga harus dibersihkan saat wukuf ini,"ujar jamaah asal Kloter Jakarta-Pondok Gede (JKG-8) ini.

Jamaah lainnya asal Tangerang Selatan Bambang Lesmono mengungkapkan, wukuf merupakan momentum yang sangat personal antara hamba dengan Tuhannya. Untuk itu, dia pun akan bertaubat atas segala dosa yang pernah dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement