Jumat 08 Jul 2022 21:15 WIB

Blinken Apresiasi Presidensi Indonesia di G20

Blinken memuji Indonesia memastikan slogan 'Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat Terwujud'

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) berbincang dengan Menlu Amerika Serikat Antony John Blinken sebelum pertemuan bilateral disela Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7/2022).
Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) berbincang dengan Menlu Amerika Serikat Antony John Blinken sebelum pertemuan bilateral disela Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20. Sebelum pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, Blinken  memuji upaya Indonesia memastikan slogan G20  "Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat" terwujud.

"Terima kasih banyak dan seperti yang telah saya sampaikan pada rekan-rekan kami sebelumnya saya berterima kasih pada kepemimpinan Anda, kepemimpinan Indonesia menyatukan G20," kata Blinken seperti dikutip dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri AS, Jumat (8/8/2022).

Baca Juga

"Tidak hanya menyatukan kami tapi memimpin kami, dan terutama bekerja memastikan kami pulih bersama, pulih lebih kuat. Kami telah melihat dampak Covid yang masih bertahan di dunia. Sayangnya kami juga melihat dampak agresi Rusia pada Ukraina membuat semuanya menjadi lebih sulit," tambahnya.

Dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 ini Blinken satu ruangan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Sebelum pertemuan bilateralnya dengan Retno, Blinken menekankan AS juga yakin dengan multilateralisme.

"Dan kami mendengar para menteri luar negeri yang berbicara pada kita semua yang berkumpul hari ini tentang keyakinan Indonesia tidak ada masalah yang kami hadapi sebagai negara-negara yang dapat dihadapi satu negara," kata Blinken.

"Kami sangat sepakat dengan itu dan itulah mengapa multilateral sangat penting dan sangat penting kepemimpinan Indonesia saat ini tidak hanya untuk Indonesia, tidak hanya untuk Amerika Serikat tapi untuk seluruh dunia."

Advertisement
Berita Lainnya