Jumat 08 Jul 2022 22:31 WIB

PDM Kota Semarang Gelar Sholat Idul Adha 1443 H di 51 Lokasi

Sholat Idul Adha ini juga akan digelar di sejumlah tempat terbuka.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
PDM Kota Semarang Gelar Sholat Idul Adha 1443 H di 51 Lokasi (ilustrasi).
Foto: Diskominfo Indramayu
PDM Kota Semarang Gelar Sholat Idul Adha 1443 H di 51 Lokasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Semarang telah merilis daftar sekaligus lokasi penyelenggaraan shalat Idul Adha 1443 Hijriyah warga Muhammadiyah di Kota Semarang.

Berdasarkan daftar tersebut, setidaknya ada 51 lokasi/ tempat penyelenggaraan shalat Idul Adha, yang akan dilaksanakan pada Sabtu (9/7) besok. Selain masjid- masjid, sholat Idul Adha ini juga akan digelar di sejumlah tempat terbuka, seperti lapangan dan halaman sekolah.  

Baca Juga

“Ke-51 lokasi ini tersebar di 16 Kecamatan yang ada di Kota Semarang,” ungkap Wakil Ketua PDM Kota Semarang, Drs H Nurbini MSi, Jumat (8/7/2022).

Masing- masing, jelasnya, di wilayah Kecamatan Semarang Timur, Semarang Selatan, Semarang Tengah, Semarang Utara, Semarang Barat, Tembalang, Banyumanik, Gajahmungkur, Genuk, Candisari, Pedurungan, Gunungpati, Mijen, Ngaliyan, Gayamsari dan Kecamatan Tugu.

Selain lokasi/ tempat penyelenggaraan, juga telah ditetapkan imam/ khotib untuk pelaksanaan shalat Idul Adha bagi jamaah Muhammadiyah tersebut.    

“Untuk penanggungjawab pelaksanaan shalat Idul Adha ini, diserahkan kepada masing- masing Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) atau tingkat kecamatan,” tambahnya.

Salah satu masjid yang bakal menggelar shalat Idul Adha adalah masjid At Taqwa PDM Kota Semarang.  Menurut Takmir masjid setempat, berbagai persiapan telah dilakukan untuk pelaksanaan shalat Idul Adha besok.

Selain di masjid, shalat Idul Adha besok juga akan digelar di sejumlah lapangan. “Semua ada 51 titi/ lokasi di wilayah Kota Semarang. “Salah satunya masjid At Taqwa,” kata ungkap Sarmadi.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dilakukan Majelis Tarjij dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah), Idul Adha jatuh pada 9 Juli 2022.

Hal ini juga telah dituangkan dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor :01/MLm/I.0/E/2022 tentang Penetapan Haisk Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1443 Hijriyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement