Jumat 08 Jul 2022 23:15 WIB

Masjid Istiqlal Salurkan Daging Kurban ke Yayasan dan Masjid Terdata

Daging kurban yang akan didistribusikan itu telah terseleksi dan bebas penyakit.

Masjid Istiqlal
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Masjid Istiqlal

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengungkap penyaluran daging kurban akan dilakukan secara langsung kepada yayasan dan masjid yang terdata. "Akan didistribusikan kepada masjid yang bisa dipertanggungjawabkan. Insya Allah kami amanah dunia akhirat dalam mengelola dan mendistribusikan daging kurban yang sudah diberikan," paparnya, Jumat (8/7/2022).

Nasaruddin memastikan hewan kurban yang akan didistribusikan itu telah terseleksi dan memiliki sertifikat bebas dari segala penyakit, termasuk penyakit mulut dan kuku (PMK).Menurut diaIstiqlal membuka kepada pekurban yang ingin menitipkan kurbannya, baik dalam bentuk hewan maupun uang. Ia memastikan seluruh proses distribusi dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga

"Nanti kita memberikan hewan sesuai dengan standar," kata dia.

Di samping itu, ia menegaskan bahwa tak akan ada pembagian daging kurban secara langsung di Masjid Istiqlal. Hewan kurban yang dititipkan akan didistribusikan untuk disembelih di masjid-masjid maupun yayasan yang telah terdata sebelumnya.

"Jangan sampai nanti ada masjid fiktif. Harta ibadah tidak boleh dimanipulasi, tidak boleh dikorupsi," kata dia.

Imam besar juga menyampaikan Masjid Istiqlal akan menyelenggarakan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah tingkat kenegaraan pada 10 Dzulhijjah 1443 H atau yang bertepatan pada Minggu, 10 Juli 2022.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 tingkat kenegaraan rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia beserta Wakil Presiden RI, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan dan Pejabat Kementerian dan Lembaga Negara, serta Duta Besar negara-negara sahabat.

Shalat yang rencananya akan dimulai pukul 07.00 WIB ini dapat diikuti masyarakat Ibu kota dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku."Pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun ini bisa diikuti oleh jamaah secara umum dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku," ujar Nasaruddin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement