Sabtu 09 Jul 2022 14:59 WIB

Isi Khutbah Arafah Sheikh Al-Issa, Serukan Umat Muslim Berpegang pada Nilai Islam

Umat Islam diminta menghindari perpecahan di antara orang-orang beriman.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) dan Anggota Dewan Cendekiawan Senior Arab Saudi Sheikh Mohammad Al-Issa saat menyampaikan khutbah Arafah saat puncak haji, Jumat (8/7/2022). Isi Khutbah Arafah Sheikh Al-Issa, Serukan Umat Muslim Berpegang pada Nilai Islam
Foto: Saudi Gazette
Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) dan Anggota Dewan Cendekiawan Senior Arab Saudi Sheikh Mohammad Al-Issa saat menyampaikan khutbah Arafah saat puncak haji, Jumat (8/7/2022). Isi Khutbah Arafah Sheikh Al-Issa, Serukan Umat Muslim Berpegang pada Nilai Islam

IHRAM.CO.ID, ARAFAH -- Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) dan Anggota Dewan Cendekiawan Senior Arab Saudi Sheikh Mohammad Al-Issa menyerukan umat beriman untuk berpegang teguh pada nilai-nilai luhur Islam yang mempromosikan harmoni dan kasih sayang, serta menghindari semua mengarah pada perbedaan pendapat, permusuhan dan perpecahan di antara orang-orang beriman.

Dia mengatakan ini saat menyampaikan khutbah Arafah di Masjid Namirah di Arafah pada Jumat (8/7/2022).

Baca Juga

“Anda harus menyadari bahwa bersegera untuk melakukan hal-hal yang baik termasuk rajin untuk mematuhi nilai-nilai yang diajarkan oleh Islam, nilai-nilai yang dengan kuat membentuk perilaku seorang Muslim dan menyempurnakannya dengan cara terbaik. Di antara nilai-nilai yang diajarkan Islam adalah menghindari segala sesuatu yang mengarah pada perbedaan pendapat, permusuhan, atau perpecahan, dan sebaliknya, memastikan bahwa interaksi kita didominasi oleh harmoni dan kasih sayang,” serunya kepada para jamaah dilansir dari Saudi Gazette pada Sabtu (9/7/2022).

Dan berikut teks khutbah Arafah Syekh Al-Issa.

"Segala puji hanya milik Allah yang berhak disembah oleh penghuni langit dan penghuni bumi. Dia memiliki pengetahuan lengkap tentang semua yang Anda sembunyikan dan semua yang Anda ungkapkan. Dia juga memiliki pengetahuan lengkap tentang semua perbuatan yang Anda lakukan. Semua yang tersimpan dalam apa yang tidak terlihat oleh kita terletak pada Allah saja. Tidak ada yang memiliki pengetahuan yang lengkap tentang itu kecuali Dia, dan Dia mengetahui segala sesuatu yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang jatuh tanpa sepengetahuan-Nya.  Tidak ada satu benih pun yang terkubur di kedalaman gelap bumi, atau sesuatu yang lembab atau kering, kecuali ada catatan yang jelas tentangnya.

Saya bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah. Dia mengetahui segala sesuatu yang orang sembunyikan di dalam diri mereka sendiri, serta semua yang bahkan lebih tersembunyi. Tidak ada sesuatu pun di seluruh bumi atau langit yang disembunyikan dari-Nya. Sungguh, satu-satunya yang harus kamu sembah adalah Allah: Yang selain Dia tidak ada yang berhak disembah. Dia meliputi segala sesuatu dengan pengetahuan-Nya.

Selanjutnya saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Allah menggambarkannya dengan mengatakan kepadanya dalam Alquran: "Dan Allah mengajarkan kepadamu apa yang tidak kamu ketahui sebelumnya, dan karunia yang Allah berikan kepadamu benar-benar besar."

Saya katakan kepada semua orang yang datang untuk haji, serta semua Muslim di semua tempat: Anda harus melindungi diri dari hukuman Allah dengan memenuhi perintah-Nya dan menghindari larangan-Nya. Ketika Anda melakukan itu, Anda akan mencapai kemenangan, keselamatan, dan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Allah berfirman: “Jika mereka menerima dan mematuhi kebenaran, dan melindungi diri mereka dari azab Allah, mereka pasti yakin bahwa balasan dari Tuhan mereka adalah yang terbaik. Andai saja mereka tahu.”

Allah juga berfirman: “Dan kamu semua harus menjaga dirimu dari azab Allah, dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang menjaga diri dari azab-Nya.”  Dia lebih lanjut berkata: "Dan Anda semua harus melindungi diri dari hukuman Allah, dan tahu bahwa Allah memiliki pengetahuan yang lengkap tentang segala sesuatu secara mutlak."

Lebih jauh lagi, bagaimana mungkin kita gagal melindungi diri kita dari azab Allah, atau gagal mengabdikan seluruh ibadah hanya kepada-Nya, padahal Dialah satu-satunya yang pada akhirnya mendatangkan kemaslahatan dan membiarkan malapetaka terjadi? Allah berfirman: 'Dan jika Allah menimpakan kepadamu suatu kesulitan, tidak ada yang dapat meringankannya kecuali Dia, dan jika Dia ingin memberi Anda jenis berkah apa pun, tidak ada yang dapat menahan nikmat-Nya untuk menjangkau Anda. Di antara hamba-hamba-Nya, Dia menjadikan siapa saja yang Dia kehendaki mengalami kebaikan dan keburukan, dan Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang'". 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement