Senin 11 Jul 2022 08:06 WIB

Sebagian Jamaah Haji Pilih Pulang ke Pemondokan Saat Lontar Jumrah

Jarak dari pemondokan ke jamarat lebih dekat daripada dari tenda Mina.

Rombongan jamaah haji Indonesia berjalan kaki menuju Jamarat, melintasi terowongan King Fahd di Shisha, Makkah untuk melontar jumrah di Mina. Sebagian Jamaah Haji Pilih Pulang ke Pemondokan Saat Lontar Jumrah
Foto: Republika/ Amin Madani
Rombongan jamaah haji Indonesia berjalan kaki menuju Jamarat, melintasi terowongan King Fahd di Shisha, Makkah untuk melontar jumrah di Mina. Sebagian Jamaah Haji Pilih Pulang ke Pemondokan Saat Lontar Jumrah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Sebagian jamaah haji memilih mabit atau bermalam di pemondokan sekitar terowongan King Fahd Road Tunnel untuk melontar jumrah. Mereka tidak mabit di tenda yang disiapkan di Mina.

"Jarak dari hotel ke Jamarat lebih dekat dibandingkan dari tenda," kata Jamalia, haji asal Pontianak di Mina, Senin dini hari (11/7/2022).

Baca Juga

Selain dekat, Jamalia yang tergabung dalam kloter 4 Embarkasi Batam (BTH 4) juga merasa lebih nyaman bermalam di hotel yang terletak tepat di sisi lain mulut terowongan. Terutama terkait dengan kamar mandi.

Jika di tenda, jamaah harus mengantre karena jumlah toilet terbatas dan tidak nyaman karena rawan terlihat aurat. Senada dengan Fadila, asal Pontianak. Dia merasa lebih nyaman menginap di pemondokan daripada di tenda.

Apalagi pembimbing di rombongannya juga membolehkan mereka untuk tidur di hotel. "Bukan masalah tidur di tenda, tapi kami tidak enak kalau terlalu lama di toilet sedangkan yang antre banyak," katanya.

Fadila dan rombongannya berencana berdiam di sekitar King Fahd arah Mina tersebut selama sekitar enam jam mulai dari pukul 22.00 Waktu Arab Saudi (WAS) hingga pukul 03.00 WAS esok hari. Sebagian jamaah yang tergabung dalam embarkasi BTH 4 memilih tidur di hotel, mereka berjalan ke arah Mina dari hotel yang berjarak sekitar satu kilometer melewati terowongan King Fadh.

Mereka berdiam di sepanjang pinggir jalan untuk mabit. Jamaah membawa bekal seperti tikar lipat, makanan ringan dan minuman. Tampak jamaah dari berbagai negara juga mabit di sekitar depan terowongan tersebut.

Mereka terlihat berbaring dan duduk-duduk di trotoar, bahkan ada yang menggelar alas duduknya di depan tenda-tenda di sekitar terowongan. Mabit di Mina merupakan salah satu wajib haji setelah sebelumnya jamaah haji melaksanakan wukuf di Arafah dan mabit di Muzdhalifah. Jamaah mabit di Mina untuk melaksanakan lontar jumrah di Jamarat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement