Selasa 12 Jul 2022 11:23 WIB

Dospulkam IPB Ajarkan Cara Menghitung HPP dan Harga Jual Produk 

Menghitung HPP merupakan bagian dalam pengelolaan keuangan pada suatu usaha.

Asti Istiqomah SP  MSi dari Tim Dosen Pulang Kampung (Dospulkam)  IPB University  mengajarkan cara menghitung HPP (harga pokok produksi)  dan harga jual produk kepada warga Subang, Jawa Barat.
Foto: Dok IPB University
Asti Istiqomah SP MSi dari Tim Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) IPB University mengajarkan cara menghitung HPP (harga pokok produksi) dan harga jual produk kepada warga Subang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Banyak orang yang memilih jalan untuk meniti karir di luar tanah kelahirannya. Tidak sedikit pula yang telah sukses dalam karirnya, tapi lupa akan kampung halaman. 

Program Dosen Mengabdi Pulang Kampung (Dospulkam)  IPB University, menggerakkan hati dosen dari Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) untuk menjalankan pengabdian di kampung halamannya.

Salah satu dosen IPB University asal Subang, Jawa Barat membagikan ilmunya tentang cara menghitung harga pokok produksi (HPP) kepada warga. Dalam pelatihan menghitung HPP, Asti Istiqomah SP  MSi menyampaikan bahwa menghitung HPP merupakan bagian dalam pengelolaan keuangan pada suatu usaha.

“Untuk menentukan HPP diperlukan adanya perhitungan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya variabel, biaya tetap, biaya administrasi dan umum serta biaya pemasaran,” tambah Asti di hadapan 25 peserta dari Desa Jabong dan Desa Gunungsari, Kecamatan Pagaden, Subang.

Selain menghitung HPP, Asti juga mengajarkan cara menentukan harga jual produk. “Dengan demikian, peserta bisa menentukan harga jual yang tepat dari produk yang sedang mereka jalankan,” kata Asti seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, pekan lalu.

photo
Tim Dosen Mengabdi Pulang Kampung (Dospulkam) IPB University dari Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) berfoto bersama Camat Pagaden, Kabupaten Subang Dra Tri Utami MSi dan lain-lain.  (Foto: Dok IPB University)

Turut hadir dalam pelatihan ini, Camat Pagaden  Dra Tri Utami  MSi, perwakilan Kapolres Subang, perwakilan dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Kepala Desa Jabong, Ketua Jabong Hydro Farm dan Wakil Dekan Fakultas Pertanian Universitas Subang.

Dalam sambutannya, Tri Utami menerima baik kegiatan pelatihan tersebut. Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan, peserta dapat menambah ilmu dan mempraktikkan secara langsung untuk keberlanjutan usahanya.

Selain Asti, kegiatan Dosen Mengabdi Pulang Kampung ini juga diikuti oleh dosen yang lain. Yakni Dr Nuva  SP  MSc, Dr Nia Kurniawati  SP  MSi, Osmaleli  SE  MSi dan Dea Amanda  SE  MSi. Mereka mengangkat topik "Peningkatan Kapasitas Petani dan Pelaku Usaha Pertanian dalam Manajemen Usaha dan Keuangan Berbasis Digital di Jabong Hydro Farm Kabupaten Subang". 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement