Selasa 12 Jul 2022 14:00 WIB

Dubes RI: Imam Besar Tunisia Ingin Ajak Kerja Sama Masjid Istiqlal

Masjid Zaitunah dan Masjid Istiqlal merupakan simbol dari masing-masing negara.

Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi mengungkap, ada keinginan dari para ulama di Tunisia, khususnya imam besar Masjid Zaitunah untuk membangun kerja sama dengan masjid-masjid di Indonesia untuk penguatan moderasi beragama. Hal itu diungkapnya saat bertemu imam besar Masjid Zaitunah di Tunisia, Syaikh Hisyam bin Mahmud, Ahad kemarin.

Dia mengusulkan kepada Syaikh Hisyam agar dibentuk kerja sama antara Zaitunah dan Istiqlal sebab kedua masjid tersebut menjadi simbol dari masing-masing negara.

Baca Juga

"Saya sangat senang diterima imam besar masjid Zaitunah di ruangannya yang sangat historis, karena masjid ini sudah berusia lebih dari 13 abad, salah satu masjid tertua di dunia," ujar Zuhairi.

Menurut dia, masjid Zaitunah telah melahirkan ulama-ulama besar, seperti Ibnu Khaldun, Ibnu Arafah, Hudhair Husein, danMuhammad Thahir bin 'Asyur. Dalam pertemuan itu, Syaikh Hisyam menyampaikan apresiasinya kepada Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim yang dikenal moderat dan mengedepankan akhlak.

 

"Saya selalu kagum dengan moderasi dan perangai mulia Muslim Indonesia. Saya ingin supaya kerja sama masjid Zaitunah dan masjid Istiqlal benar-benar bisa diwujudkan pada masa-masa mendatang," katanya.

Masjid Zaitunah di Tunis merupakan salah satu masjid yang bersejarah di dunia Islam. Masjid itu telah menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lain, seperti Al Azhardi Mesir dan AlQarawiyyin di Maroko. Masjid Zaitunah kemudian menjadi Universitas AlZaitunah, kampus bagi sebagian besar mahasiswa Indonesia di Tunisia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement