Selasa 12 Jul 2022 16:57 WIB

Menag dan Menteri Haji Arab Saudi Diskusi Persiapan Haji Tahun Depan

Keduanya sepakat terus berupaya meningkatkan layanan jamaah haji Indonesia.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji berdoa di Jabal Rahmah, Makkah, Arab Saudi, Jumat, 8 Juli 2022. Menag dan Menteri Haji Arab Saudi Diskusi Persiapan Haji Tahun Depan
Foto: AP/Amr Nabil
Jamaah haji berdoa di Jabal Rahmah, Makkah, Arab Saudi, Jumat, 8 Juli 2022. Menag dan Menteri Haji Arab Saudi Diskusi Persiapan Haji Tahun Depan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, mengapresiasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M. Apresiasi ini disampaikan Menag saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Rabiah di Mina sekaligus membahas persiapan haji tahun 1444 H/2023 M.

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama dan pelayanan jamaah haji Indonesia oleh pemerintah Saudi," kata Menag melalui siaran pers yang diterima Republika, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga

Dalam pertemuan tersebut, Menag dan Menteri Tawfiq mendiskusikan persiapan awal penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M. Keduanya bersepakat terus berupaya meningkatkan layanan bagi jamaah haji Indonesia.

"Kami sepakat untuk melakukan perbaikan-perbaikan dari apa yang kurang dan terus meningkatkan pelayanan yang sudah baik, semoga ikhtiar ini menjadi ladang amal saleh dan semakin membuat jamaah konsentrasi beribadah," ujar Menag.

 

Menag juga menginformasikan Kerajaaan Arab Saudi akan mulai membuka layanan untuk jamaah umrah pada 15 Dzulhijjah 1443 H.

Selama operasional haji 1443 H, Menag terus memperhatikan detail kesiapan petugas dalam melayani jamaah haji. Bahkan, sebelum menggelar pertemuan dengan Menteri Tawfiq, Menag menyempatkan untuk memastikan terlebih dahulu kesiapan layanan untuk jamaah haji yang melaksanakan Nafar Tsani.

Hadir mendampingi Menag dalam pertemuannya dengan Menteri Tawfiq, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Dubes RI di Saudi Abdul Aziz, Naib Amirul Hajj Muhammad Hilal Al Aidid, Sekretaris Amirul Hajj Ali Bahar, Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement