Rabu 13 Jul 2022 03:30 WIB

Berhaji dengan Jalan Kaki, Pria Inggris Ingin Sebarkan Pesan Perdamaian

Keberangkatan dari Inggris dimulai pada 1 Agustus 2021.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Seorang pria Inggris keturunan Irak-Kurdi berjalan kaki sejauh 6.500 kilometer dari Wolverhampton, Inggris, menuju Makkah Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Adalah Adam Mohamed, pria berusia 52 tahun yang berjalan kaki melintasi berbagai negara sebelum menginjakkan kaki di Saudi.

Adam melintasi Belanda, Jerman, Austria, Hongaria, Serbia, Bulgaria, Turki, Lebanon, dan Yordania untuk mencapai Arab Saudi. Jarak yang ditempuhnya yaitu hampir 6.500 kilometer dengan memakan waktu selama 10 bulan dan 25 hari.

Baca Juga

Keberangkatan dari Inggris dimulai pada 1 Agustus 2021 dan sampai di Saudi pada bulan lalu. Adam menempuh rata-rata 17,8 kilometer setiap hari dan mendorong gerobak buatannya sendiri seberat 300 kg yang dilengkapi dengan pengeras suara yang melantunkan bacaan Islam dan juga barang-barang pribadinya.

Perjalanan tersebut, tutur Adam, bertujuan untuk menyebarkan pesan perdamaian dan kesetaraan. Dia juga telah membuat halaman GoFundMe untuk dirinya sendiri.

Dia menulis, "Saya tidak melakukan semua ini hanya untuk ketenaran atau uang, tetapi murni untuk menyoroti kepada dunia bahwa kita semua manusia sama tanpa memandang ras, warna kulit, agama dan untuk menyebarkan pesan perdamaian dan persatuan yang diajarkan agama Islam kita."

Keputusan Adam untuk melakukan perjalanan ini adalah hasil dari pencarian jiwa. Dia kewalahan dengan semua kasih sayang yang dicurahkan orang-orang padanya di jalan. Dia menyiarkan perjalanannya di TikTok dan memperoleh setengah juta pengikut.

Setelah mencapai Mina, ia diterima oleh Pejabat Menteri Media, Majid bin Abdullah Al-Qasabi, yang menjamunya dan membantunya menyelesaikan prosedur izin hajinya.

Setelah jeda dua tahun, Arab Saudi telah mengizinkan 1 juta Muslim untuk melakukan haji tahun ini. Pada tahun 2020 dan 2021, haji dibatasi hanya untuk warga Arab Saudi saja. Ibadah haji pada tahun ini telah dimulai pada 7 Juli kemarin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement