Rabu 13 Jul 2022 13:25 WIB

Putra Mahkota Arab Saudi Luncurkan Proyek Renovasi Masjid Bersejarah Tahap Kedua

Fase kedua dari proyek ini mencakup 30 masjid bersejarah.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Foto selebaran yang disediakan oleh Pengadilan Kerajaan Saudi menunjukkan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Al Saud. Putra Mahkota Arab Saudi Luncurkan Proyek Renovasi Masjid Bersejarah Tahap Kedua
Foto: EPA-EFE/BANDAR ALJALOUD/SAUDI ROYAL COURT
Foto selebaran yang disediakan oleh Pengadilan Kerajaan Saudi menunjukkan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Al Saud. Putra Mahkota Arab Saudi Luncurkan Proyek Renovasi Masjid Bersejarah Tahap Kedua

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS), bersama wakil perdana menteri dan menteri pertahanan, meluncurkan Proyek Renovasi Masjid Bersejarah tahap kedua. Proyek ambisius ini menargetkan renovasi dan pengembangan total 130 masjid bersejarah di berbagai wilayah Kerajaan.

 

Baca Juga

Fase kedua dari proyek ini mencakup 30 masjid bersejarah yang terletak di 13 provinsi Kerajaan, dan ini termasuk enam masjid di wilayah Riyadh, lima masjid di wilayah Mekkah, empat di wilayah Madinah, tiga di wilayah Asir dan dua masjid masing-masing di Provinsi Timur, wilayah Al-Jouf dan Jazan, dan masing-masing satu di Wilayah Perbatasan Utara, Tabuk, Al-Baha, Najran, Hail, dan wilayah Alqassim.

 

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (12/7/2022), masjid-masjid tersebut dipilih untuk direnovasi pada tahap kedua berdasarkan signifikansi sejarah dan warisannya. Hal ini karena terkait dengan biografi Nabi atau kekhalifahan Islam atau sejarah Arab Saudi.

 

Putra Mahkota telah mengarahkan pelaksanaan proyek fase kedua oleh perusahaan-perusahaan Saudi yang mengkhususkan diri pada bangunan-bangunan cagar budaya dengan keahlian di bidangnya masing-masing. Ini dengan melibatkan para insinyur Saudi untuk memastikan pelestarian identitas kota asli setiap masjid sejak pendiriannya.  

 

Peluncuran proyek tahap kedua ini dilakukan setelah selesainya tahap pertama yang diluncurkan pada awal tahun 2018, yang meliputi renovasi dan pengembangan 30 masjid bersejarah di 10 provinsi dengan biaya sekitar Rp 200 miliar dengan total kapasitas untuk  sekitar 4.400 jamaah. Pembangunan masjid bersejarah terbesar dalam tahap pertama dimulai pada tahun 1432 Hijriyah.

Perusahaan Saudi, yang berpengalaman dan berspesialisasi dalam konstruksi dan renovasi bangunan bersejarah, telah menerapkan tahap pertama proyek tersebut. Perusahaan-perusahaan ini memastikan keterlibatan para insinyur Saudi untuk menjamin pelestarian identitas arsitektur asli setiap masjid sejak pendiriannya.

 

Proyek Pangeran Mohammed Bin Salman untuk Renovasi Masjid Bersejarah didasarkan pada empat tujuan strategis, yang dirangkum dalam merenovasi masjid bersejarah untuk ibadah dan sholat, memulihkan orisinalitas perkotaan dari masjid-masjid bersejarah, menyoroti dimensi budaya Arab Saudi, dan meningkatkan status agama dan budaya masjid bersejarah.

 

Langkah ini diklaim sebagai kontribusi untuk menyoroti dimensi budaya dan peradaban Arab Saudi yang berfokus pada Visi Kerajaan 2030 dengan melestarikan karakteristik perkotaan asli dan memanfaatkannya dalam mengembangkan desain masjid modern.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement