Kamis 14 Jul 2022 18:45 WIB

Penjemput Jamaah Haji Diimbau Taat Prokes

Laksanakan prokes saat menjemput jamaah haji.

Rep: Nawir Arsyad/ Red: Muhammad Hafil
Penjemput Jamaah Haji Diimbau Taat Prokes. Foto:   Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Foto: Republika
Penjemput Jamaah Haji Diimbau Taat Prokes. Foto: Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, penjemputan jamaah haji dinilai sebagai salah satu titik vital penyebaran Covid-19. Ia meminta agar Kementerian Agama (Kemenag) untuk mewaspadai potensi penyebarannya.

"Mengimbau kepada keluarga ataupun sanak saudara yang menjemput jamaah haji agar disiplin melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hal ini guna mencegah penularan Covid-19 saat momen berkumpul bersama keluarga," ujar pria yang akrab disapa  Bamsoet itu, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga

Panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) dan tim pendamping kesehatan diimbau agar terus mengingatkan jamaah haji untuk membangun kewaspadaan terhadap penularan Covid-19. sekaligus memastikan jamaah tidak bergejala saat kembali ke tanah air masing-masing.

"Oleh karenanya, baik masyarakat maupun jamaah untuk menjaga diri masing-masing dari penularan dengan menghindari kerumunan agar momen kepulangan jamaah haji tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19," ujar Bamsoet.

Puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) telah berakhir. Pemerintah Indonesia kini menyiapkan pemulangan perdana jamaah haji yang direncanakan pada Jumat (15/7). Ada enam kloter yang akan diterbangkan dari Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAIA), Jeddah.

Kadaker Makkah Mukhamad Khanif mengatakan, masing-masing kloter pertama Embarkasi Solo (SOC 1), Padang (PDG 1), Jakarta–Bekasi (JKS 1), dan Jakarta-Pondok Gede (JKG 1). Sementara kloter kedua Embarkasi Solo (SOC 2) dan Jakarta-Bekasi (JKS 2).

Menurut Khanif, jamaah SOC 1 menjadi yang pertama diberangkatkan dari hotel mereka di Makkah menuju Bandara King Abdul Aziz. Mereka dijadwalkan terbang ke Tanah Air pada pukul 05.10 waktu Arab Saudi (WAS).

“Aturan pemberangkatan, jamaah sudah diberangkatkan delapan jam sebelum jadwal penerbangan. Jadi SOC 1 dimungkinkan akan diberangkatkan pada Kamis malam Jumat,” ujar dia di Makkah, Arab Saudi, Rabu (15/7/2022).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement