Jumat 15 Jul 2022 21:41 WIB

Jamaah Haji Kloter 1 Padang Kembali ke Tanah Air Malam Ini

Jamaah haji Indonesia akan mendapat jatah air zamzam

Rep: Febrian Fachri, Rahayu Subekti  / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi jamaah haji. Jamaah haji Indonesia akan pulang ke Tanah Air mulai malam ini, Jumat (15/7/2022).
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Ilustrasi jamaah haji. Jamaah haji Indonesia akan pulang ke Tanah Air mulai malam ini, Jumat (15/7/2022).

IHRAM.CO.ID, PADANG— Kelompok terbang (kloter) I Debarkasi Padang akan sampai ke Tanah Air hari ini, Jumat (15/7).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat, Helmi, meminta panitia haji memberikan pelayanan terbaik supaya jamaah merasa nyaman hingga kembali berkumpul bersama keluarga setelah sebulan lebih berpisah. 

Baca Juga

"Kerja di fase pemulangan memang tidak seberat pemberangkatan jamaah haji namun bila kita lihat jadwal kedatangan jamaah haji di Tanah Air rata-rata di malam hari dan ini adalah tantangan sendiri maka untuk itu tetap  jaga integritas, profesional, dan fisik," kata Helmi. Helmi menyebut setelah kloter 1, kloter 2 akan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada  16 Juli 2022, Kloter III pada 18 Juli 2022, Kloter IV  19 Juli 2022, Kloter V 20 Juli 2022. Lalu Kloter VI 21 Juli 2022, Kloter VII  22 Juli 2022 dan terakhir Kloter VIII  12 Agustus 2022 nanti. 

Sementara itu jamaah haji Sumbar akan mendapatkan satu botol air zamzam dengan kapasitas lima liter yang akan diterima jamaah langsung di daerah mereka masing-masing. 

 

Helmi menyebut air zamzam sudah mulai didistribusikan melalui Kantor Kemenag Kabupaten/ Kota yang nantinya akan diserahkan langsung bersamaan dengan kedatangan jamaah haji di Kabupaten/ Kota. 

"Sehingga ketika jamaah haji sudah sampai dirumah maka air zamzam sebagai oleh-oleh dari tanah suci juga sudah dibawa kerumah mereka masing-masing, " kata Helmi, Jumat (15/7). 

Menurut Helmi, mekanisme ini diambil untuk memudahkan jamaah haji Sumbar untuk mendapatkan air zamzam sebagai buah tangan dari tanah suci.

Sementara itu, PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) siap menyambut kepulangan jamaah haji 2022 dari Tanah Suci mulai hari ini (15/7/2022). 

Malam ini (15/7/2022) pukul 23.05 WIB Bandara Soekarno-Hatta menyambut kepulangan jamaah haji asal Jawa Barat yang tiba dari Bandara King Abdulaziz (Jeddah) menggunakan maskapai Saudia nomor penerbangan SV 5630 dengan jumlah total penumpang 406 orang. 

“Bandara AP II siap menyambut dengan hangat kepulangan jamaah haji untuk nantinya dapat bertemu kembali dengan keluarga. Kami berharap proses kedatangan jamaah haji di bandara AP II dapat berjalan lancar tanpa kekurangan apa pun,” kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (15/7/2022).  

Sementara itu, Bandara Minangkabau (Padang) malam ini juga menyambut kepulangan jamaah haji asal Sumatra Barat yang direncanakan mendarat dengan maskapai Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 3401 pada pukul 21.14 WIB dari Bandara King Abdulaziz. Jumlah total penumpang sebanyak 393 orang.      

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement