Jumat 15 Jul 2022 22:14 WIB

Doa Masuk Masjid Bagian dari Adab

Ketika membaca doa, dahulukan kaki kanan terlebih dahulu.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Masjid.
Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi
Masjid.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Imam Al Ghazali dalam Kitab Bidayatul Hidayah menjelaskan, membaca doa masuk masjid merupakan bagian dari adab memasuki masjid. Dan ketika membaca doa, dahulukan kaki kanan terlebih dahulu. 

Adapun doanya sebagai berikut, "Allahumma shalli ala Sayyidina Muhammad, wa ala ali Muhammadin wa shahbihu wa sallim. Allahummaghfirli dzunubuy waftahliy abwaaba rahmatik,". Yang artinya, "Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu dan salam sejahtera kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarga serta sahabat baginda. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah bagiku pintu rahmat-Mu,". 

Baca Juga

Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa apabila seorang Muslim memasuki masjid maka janganlah dia duduk sebelum ia shalat dulu dua rakaat tahuyyatul masjid. Dan jika ia bukan dalam keadaan suci dari hadas kecil atau tak berniat mengerjakan tahiyyatul masjid, maka cukuplah baginya membaca al baqiyatus shalihat sebanyak tiga kali. 

Dan bila ia belum melakukan shalat sunnah subuh misalnya (qobliyah), maka pastikan sudah melakukan shalat tahiyyatul masjid. Dan apabila telah selesai, maka hendaknya ia berniat iktikaf di dalam masjid sambil berdoa sebagaimana doa yang diajarkan Rasulullah SAW. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement