Sabtu 16 Jul 2022 03:30 WIB

 Lima Anjuran yang Dilakukan di Hari Jumat

Ada lima hal yang dianjurkan Rasulullah untuk dilakukan di hari Jumat,

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Umat muslim mendengarkan ceramah Sholat Jumat di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Jumat (8/4/2022). Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Pusdai menggelar Sholat Jumat pertama di bulan Ramadhan 1443 H dengan menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan kapasitas jemaah masjid maksimal 75 persen. Foto: Republika/Abdan Syakura
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Umat muslim mendengarkan ceramah Sholat Jumat di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Jumat (8/4/2022). Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Pusdai menggelar Sholat Jumat pertama di bulan Ramadhan 1443 H dengan menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan kapasitas jemaah masjid maksimal 75 persen. Foto: Republika/Abdan Syakura

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut Kalender Islam  hari Jumat dimulai tepat setelah Maghrib pada hari Kamis dan diakhiri dengan shalat Maghrib pada hari Jumat, oleh karena itu umat Islam disarankan untuk memulai ibadah mereka pada malam sebelum Jumat.

Melansir laman aboutislam.net, Jumat (15/7/2022), pentingnya hari Jumat disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad, Hari terbaik di mana matahari terbit adalah hari Jumat. Itu adalah hari dimana Adam diciptakan. Ini adalah hari ketika Adam masuk surga dan juga ketika dia dikeluarkan darinya. Ini juga merupakan hari di mana hari kiamat  terjadi. (Sahih Muslim).

Baca Juga

Terdapat lima hal yang dianjurkan Rasulullah untuk dilakukan di hari Jumat, yakni

Pertama, menjaga kebersihan. Karena hari Jumat bukanlah hari biasa, seseorang harus lebih berhati-hati dalam hal kebersihan dan persiapan untuk itu. Pada hari ini, setiap muslim dianjurkan mandi wajib, memotong kuku, menyikat gigi, mengenakan pakaian bersih dan segar, serta wewangian yang harum (non-alkohol). Semua ini idealnya dilakukan sebelum shalat Jum'at ditinjau dari maknanya.

Nabi mengatakan, Siapa pun di antara Anda yang menghadiri (salat) Jumat harus mandi. (Sahih Bukhari 2133)

Kedua, Mendengarkan Khutbah dan Sholat Jum'at berjamaah. Dianjurkan  bahwa semua  laki-laki harus menyelesaikan urusan duniawi sedikit lebih awal pada hari Jumat dan mengambil istirahay sehingga mereka dapat mencapai Masjid jauh sebelum waktunya.

Khutbah Jumuah ( Khutbah Jumat) adalah Sunnah dan penting untuk didengar semua orang. Pentingnya itu diilustrasikan dalam hadits berikut oleh Nabi Muhammad (SAW), Pada setiap hari Jumat para malaikat berdiri di setiap gerbang masjid untuk menuliskan nama-nama orang secara kronologis (yaitu sesuai dengan waktu kedatangan mereka untuk salat Jumat) dan ketika Imam duduk (di mimbar) mereka melipat tangan mereka. gulungan dan bersiap-siap untuk mendengarkan khotbah. (Al-Bukhari)

Ketiga, memperbanyak berdoa. Menurut Nabi Muhammad (SAW) Pada hari Jum'at, ada waktu ketika tidak ada seorang muslim yang berdiri dan berdoa, meminta sesuatu kepada Allah, tetapi Allah akan mengabulkannya. (Al-Bukhari dan Muslim). Jadi panjatkanlah doa sebanyak yang kita bisa pada hari ini dan manfaatkan kesempatan luar biasa ini agar doa kita dijawab Allah SWT.

Keempat, membaca surat al Kahfi. Surat ini membantu seseorang keluar dari dosa, mendapatkan berkah dari Allah SWT dan mempersiapkan diri untuk akhir hari. Oleh karena itu, setiap  muslim harus mencoba membiasakan membaca surat Al-Kahfi secara teratur. Secara sadar meluangkan waktu di siang hari untuk membaca surat Al-Kahfi karena menurut hadits Nabi (SAW), Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka dia akan disinari cahaya diantara dua Jum'at. (Sunan Al-Kubra 5856).

Kelima, perbanyak shalawat nabi. Seiring dengan mengingat Allah (SWT) terus-menerus, perbanyak shalawat juga harus dikirim kepada Nabi kita Muhammad (SAW) pada hari Jumat, karena dinyatakan dalam hadits, Sebaik-baik harimu adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia meninggal pada hari itu terompet akan ditiup dan pada hari itu semua ciptaan akan pingsan. Maka kirimkanlah shalawat yang banyak kepadaku, karena shalawatmu akan diperlihatkan kepadaku. (Abu Daud).n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement