Ahad 17 Jul 2022 07:40 WIB

Hulu Migas Setor 9,7 Miliar Dolar AS ke Negara

Capaian ini baru memenuhi 97,3 persen dari target sebesar 9,95 miliar dolar AS.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat penerimaan sektor hulu migas pada paruh pertama tahun ini sebesar 9,7 miliar dolar AS.
Foto: Republika/Prayogi
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat penerimaan sektor hulu migas pada paruh pertama tahun ini sebesar 9,7 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat penerimaan sektor hulu migas pada paruh pertama tahun ini sebesar 9,7 miliar dolar AS. Capaian ini baru memenuhi 97,3 persen dari target sebesar 9,95 miliar dolar AS.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjelaskan realisasi produksi dan lifting migas memang masih lebih rendah dibandingkan target APBN. Hal ini kemudian berdampak pada realisasi investasi dan penerimaan negara. Ia mengatakan, adanya unplanned shutdown dan mundurnya penyelesaian proyek strategis nasional hulu migas menjadi penyebab utama.

Baca Juga

"Kami juga terus berupaya dapat menyelesaikan proyek hulu migas nasional, termasuk proyek strategis nasional sektor hulu migas. Hingga Semester Pertama 2022 sebanyak 6 proyek hulu migas sudah bisa diselesaikan dari target 12 proyek di tahun ini," ujar Dwi, baru-baru ini.

SKK Migas mengklaim beberapa aktivitas utama hulu migas di kuartal kedua 2022 sudah melampaui capaian pada periode yang sama tahun 2021. Semisal pada pengeboran sumur eksplorasi yang sampai Semester Pertama 2022 sudah mencapai 16 sumur atau lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun 2021 sebanyak 13 sumur atau lebih tinggi 23 persen.

"Begitupula pada kegiatan pengeboran sumur pengembangan yang mencapai 348 sumur atau lebih tinggi 87 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun 2021 sebanyak 186 sumur," ungkap Dwi.

SKK Migas terus melakukan koordinasi dengan KKKS, termasuk hari Senin yang lalu (11/7/2022) mengumpulkan CEO/pimpinan tertinggi KKS pada kegiatan CEO Forum dengan salah satu komitmen bersama adalah merealisasikan apa yang telah disepakati dalam work, program & budget (WPnB) 2022 dengan melakukan akselerasi investasi dan pelaksanaan pengeboran sumur eksplorasi maupun sumur pengembangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement