Ahad 17 Jul 2022 21:18 WIB

Biden: Amerika Serikat akan Tetap Menjadi Mitra Aktif di Timur Tengah

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan komitmennya untuk Timur Tengah

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan komitmennya untuk Timur Tengah.
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan komitmennya untuk Timur Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menekankan negaranya akan tetap menjadi mitra yang aktif di Timur Tengah. 

Dia juga meminta para pemimpin anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) pada pertemuan puncak Amerika Serikat-Arab untuk menyoroti hak asasi manusia sebagai kekuatan yang kuat dari perubahan ekonomi dan sosial. 

Baca Juga

"Amerika Serikat berinvestasi dalam membangun masa depan yang positif di kawasan ini, dalam kemitraan dengan Anda semua, dan Amerika Serikat tidak akan ke mana-mana," kata Biden kepada para pemimpin Arab dalam pidatonya memulai pertemuan tersebut, seperti dilansir Inforum, Ahad (17/7/2022). 

Biden berusaha untuk memulai babak baru dalam keterlibatan Amerika Serikat di Timur Tengah. Dia berharap untuk melewati konflik militer Amerika Serikat dan sebagai gantinya mendorong kawasan untuk menghormati urusan dalam negeri masing-masing negara, dengan tetap melakukan integrasi ekonomi dan pertahanan bersama di tengah kekhawatiran atas Iran. 

Biden, dalam perjalanan Timur Tengah pertamanya sebagai presiden, telah fokus pada pertemuan puncak Sabtu (17/7/2022) dengan enam negara Teluk dan Mesir, Yordania, dan Irak. Selain itu juga bertemu Raja Arab Saudi Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Istana Al-Salam di Jeddah, Arab Saudi, Jumat (15/7/2022) malam. 

Pertemuan itu telah menuai kritik di AS atas catatan pelanggaran hak asasi manusia Arab Saudi, terutama pembunuhan brutal terhadap jurnalis Washington Post dan kritikus Arab Saudi Jamal Khashoggi. Intelijen Amerika Serikat percaya Putra Mahkota Saudi berada di balik pembunuhan itu, namun tuduhan ini telah dibantah. 

Biden mengatakan, kebebasan pers dan hak-hak demokrasi dapat menghasilkan kritik pedas. Kemampuan untuk berbicara secara terbuka dan bertukar ide secara bebas adalah sesuatu yang mendorong inovasi.

"Lembaga yang akuntabel dan akuntabel yang bebas dari korupsi dan bertindak secara transparan serta menghormati supremasi hukum adalah cara terbaik untuk memberikan pertumbuhan, menanggapi kebutuhan masyarakat, dan saya yakin menjamin keadilan," kata Biden. 

Biden datang ke Arab Saudi berharap untuk mencapai kesepakatan pada produksi minyak untuk membantu menurunkan harga bensin yang mendorong inflasi ke level tertinggi lebih dari 40 tahun dan memukul angka jajak pendapatnya.

Dia berharap upaya diplomatiknya akan mendorong kelompok OPEC+ untuk meningkatkan produksi ketika mereka bertemu pada 3 Agustus. "Saya menantikan untuk melihat apa yang akan terjadi dalam beberapa bulan mendatang," kata Biden.   

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement