Masyarakat Mulai Banyak yang Daftar Umroh

Senin , 18 Jul 2022, 14:18 WIB Reporter :Fuji E Permana/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Masyarakat Mulai Banyak yang Daftar Umroh. Foto: Kegiatan tawaf saat umrah (Ilustrasi)
Masyarakat Mulai Banyak yang Daftar Umroh. Foto: Kegiatan tawaf saat umrah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Anggota Dewan Pembina Gabungan Pengusaha Haji, Umrah dan Wisata Halal Nusantara (Gaphura), Muharom Ahmad, menyampaikan bahwa sudah banyak masyarakat yang mendaftar umroh. Bahkan paket umrah sudah mulai dipasarkan sebelum keberangkatan jamaah haji.

 

Terkait

Baca Juga

"Alhamdulillah sekarang sudah banyak pendaftar umroh, setidaknya untuk tiga bulan kedepan, Agustus, September dan Oktober," kata Muharom kepada Republika, Senin (18/7/2022)

Ia mengatakan, Insya Allah anggota Gaphura akan memulai perjalanan umroh mulai dari pekan pertama bulan Muharram atau di awal Agustus 2022. Alhamdulillah sistem umroh sudah terbuka mulai dari dua pekan terakhir bulan Dzulhijjah.

"Insya Allah pada 6 Agustus 2022 sudah ada keberangkatan umrah, sudah cukup banyak juga yang mendaftar, dan kami sudah memesan tiket sampai tiga bulan ke depan yakni Agustus, September dan Oktober," ujar Muharom.

Ia menyampaikan, harga paket umroh relatif tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Mungkin di awal bulan Muharam ini akan ada beberapa anggota Gaphura yang memberikan semacam diskon di awal tahun. Diskon ini diberikan dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah. Mudah-mudahan penyelenggaraan umroh lancar.

Di tempat lain, Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Nur Arifin, menyampaikan bahwa Arab Saudi membuka kembali pengajuan visa umroh. Untuk itu, masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah umroh diingatkan agar memilih penyelenggara umroh yang sudah berizin.

"Kami berpesan kepada seluruh masyarakat yang hendak menunaikan umroh, tolong memilih Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang sudah berizin," kata Arifin kepada Republika, Senin (18/7/2022).

Arifin menerangkan, masyarakat yang hendak memilih PPIU yang berizin bisa membuka aplikasi Umrah Cerdas. Aplikasi ini bisa diunggah secara gratis oleh publik di Play Store menggunakan gawai masing-masing.

Ia juga mengingatkan, masyarakat jangan tergiur oleh tawaran travel yang belum memiliki izin sebagai PPIU.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini