Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khairil Fajrin

Tanpa Beasiswa pun Kamu Bisa Mendapatkan Subsidi Jika Kuliah di 8 Negara Ini!

Sekolah | Monday, 18 Jul 2022, 18:37 WIB
Subsidi Kuliah di Luar Negeri (Sumber: Unsplash)

Tanpa Beasiswa pun Kamu Bisa Mendapatkan Subsidi Jika Kuliah di 8 Negara Ini!

Bagi kamu yang berkeingin untuk kuliah atau melanjutkan pendidikan baik itu S2 maupun S3, masalah terbesarnya adalah biaya kuliah. Terlebih lagi jika kamu ingin kuliah di luar negeri, pasti biayanya akan lebih besar lagi. Solusinya adalah dengan mendapatkan beasiswa dengan tujuan untuk tidak memberatkan biaya kuliah tersebut. Tapi ternyata setidaknya ada 8 negara yang mensubsidi bahkan menggratiskan biaya kuliah di negaranya lho, jadi tanpa beasiswa pun kamu bisa kuliah mendapatkan subsidi jika kuliah di 8 negara ini! Mau tahu 8 negara tersebut? Tahan dulu! Sebelum kamu mengetahui 8 negara yang tanpa beasiswa pun bisa kuliah gratis di sana, ada baiknya kamu ketahui satu syarat mutlak yang mesti kamu miliki agar bisa berkuliah di luar negeri. Apa itu syaratnya?

Yup! Setidaknya kamu harus memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS. Apa itu TOEFL? Dan apa itu IELTS?

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah salah satu tes kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional. Tes ini diperlukan untuk berbagai keperluan mulai dari syarat masuk kuliah, daftar beasiswa hingga melamar pekerjaan di perusahaan Internasional. Sedangkan IELTS atau International English Language Testing System adalah sebuah sistem tes berbahasa Inggris skala Internasional yang sudah sangat populer pada saat ini. Fungsi IELTS bertitik tumpu untuk keperluan kerja, sekolah dan migrasi di luar negeri. Kedua tes ini sama-sama berstandar internasional dan diakui secara resmi di seluruh dunia. Jadi kesimpulannya, kamu harus perhatikan juga universitas yang ingin kamu tuju apakah mensyaratkan TOEFL atau IELTS ya.

Nah jika kamu sudah memahami satu persyaratan wajib di atas, maka langsung saja kita intip 8 negara yang tanpa beasiswa pun kamu mendapatkan subsidi jika kuliah di sana! Mari simak ulasannya sampai habis ya.

Daftar 8 Negara yang Tanpa Beasiswa pun Bisa Mendapatkan Subisidi Kuliah di sana

1. Jerman

Daftar yang pertama datang dari negara Jerman. Selain menjadi negara populer untuk melanjutkan studi, ternyata pemerintah Jerman juga memberikan subsidi bahkan menggratiskan biaya pendidikan, baik bagi warga negaranya sendiri maupun warga negara asing yang ingin belajar di sana.

Jerman menjadi destinasi pendidikan favorit di kalangan mahasiswa internasional karena terdapat banyak sekali program studi berbahasa Inggris yang ditawarkan oleh universitas-universitas di sana. Beberapa universitas favorit yang dituju mahasiswa adalah Humboldt University Berlin dan Technical University Munich, selain itu masih banyak lagi universitas ternama di Jerman yang masuk dalam 100 universitas terbaik dunia. Perlu kamu ketahui juga meskipun pemerintah Jerman telah menggratiskan biaya kuliah, namun terkadang terdapat iuran untuk menunjang kegiatan mahasiswa seperti event-event tertentu atau iuran wajib.

2. Prancis

Negara yang sangat terkenal dengan keindahan Menara Eiffel ini juga mensubsidi biaya pendidikan bagi warga negaranya dan mahasiswa yang berasal dari sebagian besar negara Uni Eropa termasuk Indonesia. Di beberapa universitas, pemberian subsidi tersebut tidak sepenuhnya gratis, namun ada biaya yang harus dibayarkan di setiap semesternya sekitar €170 per tahun atau sekitar Rp2,7 juta.

3. Finlandia

Finlandia adalah salah satu negara maju di benua Eropa Utara yang dikenal dengan sistem dan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Tidak hanya membebaskan biaya pendidikan negara Finlandia juga menyediakan banyak program studi berbahasa Inggris yang memudahkan mahasiswa asing dalam menempuh pendidikan di negara tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwa pemerintah Finlandia hanya membebaskan biaya pendidikan saja, dengan kata lain untuk biaya hidup dan tempat tinggal tetap menjadi tanggung jawab masing-masing. Bayangkan, kamu hanya harus memikirkan tempat tinggalmu dan biaya sehari-hari tanpa harus memusingkan biaya kuliah. Beberapa universitas terbaik di Finlandia diantaranya: University of Helsinki, Abo Academy University, University of Turku, dan University of Tampere.

4. Denmark

Pendidikan di Denmark gratis untuk semua program bachelor hingga master untuk mahasiswa yang berasal dari negara-negara Uni Eropa, termasuk Indonesia. Beberapa universitas di Denmark yang tidak mengenakan biaya pendidikan untuk mahasiswa dari wilayah Uni Eropa atau Wilayah Ekonomi Eropa, yaitu Aalborg University, University of Southern Denmark, dan Roskilde University.

Bagi mahasiswa yang tidak berasal dari wilayah Uni Eropa akan tetap diberikan keringanan biaya pendidikan di beberapa universitas seperti: Aarhus University, University of Copenhagen, Technical University of Denmark, dan universitas lainnya.

5. Norwegia

Di Norwegia sebagian besar universitas tidak lagi memungut biaya pendidikan bagi para mahasiswa lokal maupun internasional. Tapi biasanya akan tetap ada iuran pendidikan di setiap semesternya sekitar 40-60 Euro. Biaya ini dapat berubah sewaktu-waktu, namun tenang saja perubahannya tidak terlalu mengkhawatirkan kok. Semua biaya tersebut dikembalikan lagi untuk menunjang kualitas studi mahasiswa. Berikut beberapa universitas terbaik di Norwegia: University of Oslo, University of Bergen, Western Norway University of Applied Sciences, dan University of Tromso.

6. Slovenia

Negara Slovenia yang merupakan salah satu negara di benua Eropa Tengah juga menawarkan sekitar 150 program berbahasa Inggris yang dapat diikuti oleh mahasiswa asing. Warga negara asing yang menempuh pendidikan di sana hanya diwajibkan membayar biaya registrasi saja. Selain itu, negara Slovenia juga menawarkan biaya hidup yang cukup terjangkau. Universitas terbesar di Slovenia adalah University of Ljubljana.

7. Islandia

Islandia dikenal sebagai negara yang memiliki suhu udara yang dingin, Islandia juga bisa menjadi salah satu pilihan jika kamu ingin menghemat biaya kuliah. Menariknya semua perguruan tinggi di Islandia membebaskan biaya pendidikan untuk semua mahasiswa internasional.

Secara umum pengajaran dilakukan dalam bahasa Islandia. Tetapi ada beberapa program pascasarjana yang dilakukan menggunakan bahasa pengantar Inggris, seperti di University of Iceland dan University of Akureyri. University of Iceland adalah salah satu yang terbesar di Islandia dan tidak mengenakan biaya pendidikan apapun. Meski demikian tetap terdapat biaya pendaftaran tahunan sekitar sebesar 600 dollar atau sekitar 7,9 juta rupiah per tahunnya.

8. Swedia

Swedia adalah rumah bagi beberapa universitas terbaik dunia seperti Universitas Uppsala, Universitas Lund dan Universitas Stockholm. Swedia menawarkan banyak sekali program pendidikan tinggi berbahasa Inggris yang terdaftar di lebih 35 universitas.

Namun, kini Swedia tidak menerapkan pendidikan gratis seperti sebelumnya bagi mahasiswa internasional. Akan tetapi, banyak beasiswa full funded yang dapat kamu raih jika berkuliah di sana. Tidak hanya itu banyak universitas di Swedia yang memberikan kuliah PhD gratis dan sebagian besar program yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

Nah itulah 8 negara yang recommended untuk bisa berkuliah di sana dengan biaya yang ringan bahkan gratis. Untuk kamu yang mungkin sedang mencari info beasiswa S2 dan S3 luar negeri bisa juga langsung mengunjungi website resmi dari beberapa universitas yang disebutkan di atas. Semoga berhasil ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image