Selasa 19 Jul 2022 10:36 WIB

Bank Besar AS perkirakan Pinjaman Melambat Karena Prospek Suram

Pinjaman ritel dan bisnis tercatat meningkat pesat pada kuartal II tahun ini.

Kolase perbankan di Amerika Serikat. Para eksekutif bank AS mengatakan mereka optimistis pada pertumbuhan pinjaman karena permintaan pinjaman dari pelanggan ritel dan bisnis bangkit kembali pada kuartal kedua dari posisi terendah pandemi.
Foto: Reuters
Kolase perbankan di Amerika Serikat. Para eksekutif bank AS mengatakan mereka optimistis pada pertumbuhan pinjaman karena permintaan pinjaman dari pelanggan ritel dan bisnis bangkit kembali pada kuartal kedua dari posisi terendah pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Para eksekutif bank AS mengatakan mereka optimistis pada pertumbuhan pinjaman karena permintaan pinjaman dari pelanggan ritel dan bisnis bangkit kembali pada kuartal kedua dari posisi terendah pandemi. Tetapi, mereka juga memperingatkan permintaan dapat melemah akhir tahun ini jika prospek ekonomi yang memburuk mulai melukai kepercayaan konsumen.

Analis dan investor telah dengan hati-hati mengamati pertumbuhan pinjaman, pendorong utama pendapatan bank, setelah stimulus pemerintah yang luar biasa selama pandemi COVID-19 mengurangi selera perusahaan dan konsumen terhadap pinjaman bank. 

Baca Juga

Ketika ekonomi bangkit kembali dari pandemi, permintaan pinjaman mulai meningkat pada kuartal pertama didorong oleh belanja konsumen dan perusahaan menambah persediaan. Tren itu berlanjut selama kuartal kedua, meskipun kenaikan suku bunga Federal Reserve AS yang agresif memicu kekhawatiran resesi.

JPMorgan Chase & Co dan Wells Fargo & Co, dua pemberi pinjaman terbesar AS, mengatakan bahwa pembukuan pinjaman mereka tumbuh pada kuartal kedua masing-masing sebesar 7,0 persen dan 8,4 persen, dibandingkan tahun lalu, dengan sedikit tanda-tanda kualitas kredit yang memburuk.

Selama telekonferensi laporan keuangan kuartal kedua pada Kamis (14/7/2022), eksekutif di JPMorgan, pemberi pinjaman terbesar di negara itu, mengatakan mereka memperkirakan pinjaman tumbuh pada pertengahan hingga satu digit tahun ini. Pertumbuhan itu dan kenaikan suku bunga Fed adalah kabar baik bagi bank, meningkatkan pendapatan bunga bersih, perbedaan antara bunga yang diperoleh dari pinjaman dan dibayarkan pada deposito.

Citigroup, misalnya, mengatakan hasil pinjaman bruto telah meningkat selama lima kuartal berturut-turut dan mencapai 5,81 persen pada kuartal kedua. "Hasil di kuartal kedua 2022 sejauh ini memperkuat pandangan positif kami," tulis analis di Wells Fargo, mengutip kualitas kredit yang kuat, pertumbuhan pinjaman dan kenaikan 10 persen kuartal-ke-kuartal dalam pendapatan bunga bersih. Mereka mengatakan pinjaman komersial menunjukkan pertumbuhan terbaik dalam 14 tahun.

Wells Fargo, JPMorgan dan Citigroup semuanya mengatakan klien korporasi meminjam lebih banyak pada kuartal kedua, seringkali untuk menutupi peningkatan biaya yang disebabkan oleh melonjaknya inflasi. JPMorgan, misalnya, melihat pertumbuhan yang kuat dalam pinjaman korporasi dan industri, yang tumbuh 6,0 persen karena penggunaan fasilitas revolving yang lebih tinggi dan pembukaan rekening baru, sementara pinjaman real estat komersial tumbuh 3,0 persen.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement