Rabu 20 Jul 2022 22:50 WIB

AS Sebut Kelompok Teror PKK Rerus Rekrut Anak-Anak

Perekrutan dan penggunaan anak-anak oleh PKK dalam pertempuran tetap dilakukan

Organisasi teroris PKK terus merekrut anak-anak secara paksa untuk digunakan dalam konflik di Irak dan Suriah
Organisasi teroris PKK terus merekrut anak-anak secara paksa untuk digunakan dalam konflik di Irak dan Suriah

REPUBLIKA.CO.ID., WASHINGTON -- Organisasi teroris PKK terus merekrut anak-anak secara paksa untuk digunakan dalam konflik di Irak dan Suriah, menurut laporan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) pada Selasa (19/7/2022)

Laporan Perdagangan Manusia 2022 menyatakan bahwa anak-anak tetap rentan terhadap perekrutan paksa dan penggunaan oleh beberapa kelompok bersenjata yang beroperasi di Irak, termasuk Daesh/ISIS, PKK, dan milisi yang didukung Iran.

“Berbagai sumber melaporkan PKK dan YPG yang beroperasi di IKR dan Sinjar terus merekrut dan menggunakan anak-anak,” kata laporan itu, merujuk pada pemerintah daerah Kurdi Irak.

YPG adalah cabang PKK di Suriah. Laporan itu mengingatkan kelompok teror PKK merekrut puluhan anak-anak untuk mempersiapkan mereka berperang tahun lalu. Di antaranya adalah mereka yang berasal dari Kirkuk, Irak.

Selain itu, kelompok milisi PKK di Sinjar, yang dibentuk oleh wanita Ezidi, mempekerjakan Ezidi di bawah umur dan remaja yang direkrut dalam peran paramiliter di wilayah tersebut tahun lalu, menurut laporan tersebut.

“Pada tahun 2018, organisasi masyarakat sipil melaporkan PKK merekrut dan melatih anak-anak dari Sinjar, Makhmour, dan lokasi lain dan kemudian mengirim mereka ke pangkalan di Sinjar, Turki, dan Pegunungan Qandil antara Irak dan Iran,” kata laporan itu.

Beralih ke isu Suriah, laporan tahunan mencatat aktivitas YPG, afiliasi Suriah di sana, mengatakan perekrutan dan penggunaan anak-anak dalam pertempuran di Suriah tetap diketahui secara umum.

“Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG dan YPJ) di barat laut Suriah terus merekrut, melatih, dan menggunakan anak laki-laki dan perempuan semuda 12 tahun,” kata laporan itu.

Otoritas AS juga mengungkapkan bahwa sejak 2017, pengamat internasional melaporkan bahwa YPG dan YPJ merekrut - terkadang dengan paksa - anak-anak dari kamp-kamp pengungsian di timur laut Suriah.

Dalam kampanye teror selama lebih dari 35 tahun melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan UE – bertanggung jawab atas kematian sedikitnya 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/as-sebut-kelompok-teror-pkk-terus-rekrut-anak-anak/2641108
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement