Kamis 21 Jul 2022 14:13 WIB

Beragam Temuan Kuno di Proyek Lift Yerusalem

Ditemukan lampu minyak pada masa Islam awal hingga sisa vila Yudea

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Arkeolog Hebrew University Dr. Oren Gutfeld, tengah, membuka gerbang ke situs pemandian ritual Yahudi atau mikveh, yang ditemukan di dekat Tembok Barat di Kota Tua Yerusalem, Minggu, 17 Juli 2022. Penggalian untuk membangun lift yang dapat diakses dari Kawasan Yahudi ke Tembok Barat dekat Bukit Bait Suci oleh Institut Arkeologi Universitas Ibrani Yerusalem telah menemukan mikveh yang berasal dari abad ke-1 Masehi.
Foto: AP Photo/Maya Alleruzzo
Arkeolog Hebrew University Dr. Oren Gutfeld, tengah, membuka gerbang ke situs pemandian ritual Yahudi atau mikveh, yang ditemukan di dekat Tembok Barat di Kota Tua Yerusalem, Minggu, 17 Juli 2022. Penggalian untuk membangun lift yang dapat diakses dari Kawasan Yahudi ke Tembok Barat dekat Bukit Bait Suci oleh Institut Arkeologi Universitas Ibrani Yerusalem telah menemukan mikveh yang berasal dari abad ke-1 Masehi.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Memasang lift biasanya tidak melibatkan 2.000 tahun ke dalam sejarah kota kuno. Namun di Yerusalem, bahkan proyek konstruksi yang tampaknya sederhana dapat mengarah pada upaya arkeologis.

Para arkeolog dari Hebrew University of Jerusalem mengatakan, telah membuat banyak penemuan, termasuk sebuah vila abad pertama yang penuh hiasan dengan pemandian ritualnya sendiri. Temuan ini terjadi setelah sebuah proyek untuk memberikan akses bagi penyandang disabilitas ke Tembok Barat Yerusalem.

Baca Juga

Vila yang terletak beberapa langkah dari tempat Kuil Yahudi berdiri ditemukan selama beberapa tahun penggalian penyelamatan di Kawasan Yahudi di Kota Tua Yerusalem yang bersejarah. Para arkeolog melakukan penggalian penyelamatan untuk membuat studi ilmiah tentang artefak dan bangunan kuno sebelum dipindahkan untuk memberi jalan bagi konstruksi modern.

photo
Situs pemandian ritual Yahudi atau mikveh, kiri, ditemukan di dekat Tembok Barat di Kota Tua Yerusalem, Minggu, 17 Juli 2022. Penggalian untuk membangun lift yang dapat diakses dari Kawasan Yahudi ke Tembok Barat dekat Bukit Bait Suci oleh Institut Arkeologi Universitas Ibrani Yerusalem telah menemukan mikveh yang berasal dari abad ke-1 Masehi. - (AP Photo/Maya Alleruzzo)

Selama penggalian, para arkeolog dengan hati-hati mengupas lapisan konstruksi dan puing-puing yang telah terkumpul selama lebih dari dua milenium, total lebih dari 9 meter. Titik jalan bersejarah termasuk pipa Ottoman yang dibangun di saluran air berusia 2.000 tahun yang memasok Yerusalem dengan air dari mata air dekat Betlehem.

Kemudian ditemukan lampu minyak pada masa Islam awal, ada pula batu bata yang dicap dengan nama Legiun ke-10 tentara Romawi yang mengepung, menghancurkan dan kemudian berkemah di Yerusalem dua ribu tahun yang lalu. Temuan lainnya termasuk sisa-sisa vila Yudea dari hari-hari terakhir sebelum kehancuran Kuil Yahudi kuno pada tahun 70.

Arkeolog Oren Gutfeld mengatakan, mereka terkejut menemukan jejak dari rekonstruksi Yerusalem sebagai kota Romawi Aelia Capitolina pada abad ke-2. Fragmen fresko dan mosaik rumit dari vila menunjukkan kekayaan penghuni rumah.

Tapi setelah mencapai batuan dasar, tim Gutfeld bersama arkeolog dari Hebrew University of Jerusalem Michal Haber membuat satu penemuan terakhir: pemandian ritual Yahudi pribadi yang dipahat di lereng gunung batu kapur dan berkubah dengan batu-batu besar yang dihias. Haber mengatakan, hal terpenting tentang pemandian yang dikenal sebagai mikveh adalah lokasinya yang menghadap ke pelataran Kuil.

photo
Sebuah lampu minyak tanah liat dari periode Islam ditampilkan di situs mandi ritual Yahudi atau mikveh, dekat Tembok Barat di Kota Tua Yerusalem, Minggu, 17 Juli 2022. Penggalian untuk membangun lift yang dapat diakses dari Kawasan Yahudi ke Tembok Barat dekat Bukit Bait Suci oleh Institut Arkeologi Universitas Ibrani Yerusalem telah menemukan mikveh yang berasal dari abad ke-1 Masehi. - (AP Photo/Maya Alleruzzo)

"Kami berada di lingkungan kaya kota pada malam kehancurannya," katanya.

Tembok Barat Yerusalem adalah situs suci dan banyak turis mengunjunginya setiap tahun. Untuk sampai ke situs dari Kawasan Yahudi, pengunjung biasanya harus menuruni 142 anak tangga atau mengambil jalan memutar yang panjang di sekitar tembok kota ke salah satu gerbang terdekat.

Perusahaan Rekonstruksi dan Pengembangan Perempatan Yahudi mendapat lampu hijau untuk memulai pembangunan dua elevator pada 2017. Program ini agar pengunjung dapat menuruni ketinggian 26 meter dengan lebih mudah. Lokasinya adalah bagian sempit dari lereng yang sebagian besar belum berkembang yang berbatasan dengan tangga yang ada di tepi timur Kawasan Yahudi.

Tapi, seperti proyek pembangunan modern di kota-kota kuno lainnya, seperti Istanbul, Roma, Athena, dan Tesalonika, temuan arkeologis memperlambat kemajuan hingga merangkak. "Sebidang tanah di mana lift akan dibangun tetap tidak terganggu, memberi kami peluang besar untuk menggali semua lapisan, semua lapisan Yerusalem kuno,” kata Harber.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement