Jumat 22 Jul 2022 11:38 WIB

Tujuh Golongan yang Mendapatkan Perlindungan di Hari Kiamat  

Ada perlindungan di hari kiamat untuk tujuh golongan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
 Tujuh Golongan yang Mendapatkan Perlindungan di Hari Kiamat. Foto:  Hari Kiamat (Ilustrasi)
Tujuh Golongan yang Mendapatkan Perlindungan di Hari Kiamat. Foto: Hari Kiamat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Terdapat tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala di Hari Kiamat kelak. Hal ini telah disampaikan oleh Rasulullah ﷺ. 

Dikutip dari laman Gulf Times pada Jumat (22/7/2022), dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 

Baca Juga

"Ada tujuh (golongan orang beriman) yang akan mendapat naungan (perlindungan) dari Allah dibawah naunganNya (pada hari kiamat) yang ketika tidak ada naungan kecuali naunganNya. Yaitu; Pemimpin yang adil, seorang pemuda yang menyibukkan dirinya dengan ibadah kepada Rabbnya, seorang laki-laki yang hatinya terpaut dengan masjid, dua orang laki-laki yang saling mencintai karena Allah, keduanya bertemu karena Allah dan berpisah karena Allah, seorang laki-laki yang diajak berbuat maksiat oleh seorang wanita kaya lagi cantik lalu dia berkata, "aku takut kepada Allah", seorang yang bersedekah dengan menyembunyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya, dan seorang laki-laki yang berdzikir kepada Allah dengan mengasingkan diri sendirian hingga kedua matanya basah karena menangis" Hadits riwayat Bukhari.

Di padang mahsyar matahari diturunkan dalam jarak satu mil dari kepala-kepala manusia. Karena panasnya mereka akan bercururan keringat.

تُدْنَى الشَّمْسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنَ الْخَلْقِ، حَتَّى تَكُونَ مِنْهُمْ كَمِقْدَارِ مِيلٍ، فَيَكُونُ النَّاسُ عَلَى قَدْرِ أَعْمَالِهِمْ فِي الْعَرَقِ، فَمِنْهُمْ مَنْ يَكُونُ إِلَى كَعْبَيْهِ، وَمِنْهُمْ مَنْ يَكُونُ إِلَى رُكْبَتَيْهِ، وَمِنْهُمْ مَنْ يَكُونُ إِلَى حَقْوَيْهِ، وَمِنْهُمْ مَنْ يُلْجِمُهُ الْعَرَقُ إِلْجَامًا} صحيح مسلم 

"Pada hari kiamat, matahari di dekatkan ke manusia hingga sebatas satu mil. Lalu mereka bercucuran keringat sesuai amal perbuatan mereka. Di antara mereka ada yang berkeringat hingga tumitnya, ada yang berkeringat hingga lututnya, ada yang berkeringat hingga pinggang dan ada yang benar-benar tenggelam oleh keringat" Hadits riwayat Muslim.

Adapun terkait naungan kepada pemimpin yang adil disebutkan bahwa Konsep Keadilan dalam Islam sangat penting, dan merupakan sesuatu yang harus diterapkan oleh Muslim, tak terkecuali pemimpin.  Keadilan berarti memberikan setiap hak yang layak diterimanya, Muslim atau non-Muslim, kerabat atau orang asing, teman atau musuh.

"...Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil..." (QS. Al-Maidah ayat delapan)

Di samping itu, merupakan berkah besar dari Allah bagi seorang pemuda untuk dibimbing menuju ibadah dan berteman dengan orang-orang saleh. Hal ini karena di masa mudalah seseorang paling rentan terhadap godaan hidup dan cenderung menyimpang dari Jalan Islam. Ini menjadi jelas ketika melihat masyarakat di sekitar dan sebagian besar gangguan duniawi, seperti musik, permainan, klub, mode, dan lainnya, semuanya secara khusus ditargetkan pada kaum muda.

Selanjutnya, ada dorongan besar dalam Sunnah bagi pria untuk beribadah di masjid-masjid dan pahala yang terkait dengannya sangat besar. Dan ini hanya berlaku untuk laki-laki, karena bagi perempuan lebih baik shalat di rumah mereka.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement