Jumat 22 Jul 2022 13:47 WIB

Jangan Lewatkan Membaca Surat Al Mulk, Ini Tiga Keutamaannya

Surat Al Mulk menampakkan kesempurnaan kerajaan Allah dan kekuasaan-Nya.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Membaca alquran (ilustrasi). Jangan Lewatkan Membaca Surat Al Mulk, Ini Tiga Keutamaannya
Foto: Republika
Membaca alquran (ilustrasi). Jangan Lewatkan Membaca Surat Al Mulk, Ini Tiga Keutamaannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat Al Mulk secara bahasa berarti kerajaan, karena ayat-ayat ini menampakkan kesempurnaan kerajaan Allah dan kekuasaan-Nya. Surat yang terdiri dari 30 ayat ini dikenal sebagai salah satu surat yang umum dibaca umat Islam karena tidak terlalu panjang, ditambah keutamaannya yang besar. 

 

Baca Juga

Membaca surat ini sangat dianjurkan bagi seorang Muslim karena berbagai keutamaannya. Keistimewaan yang juga dijelaskan oleh Rasulullah SAW. Adapun keutamaan Surat Al Mulk adalah sebagai berikut.

Keutamaan membaca Surat Al Mulk

 

1. Mencegah siksa kubur

 

Dilansir dari Mawdoo3, keutamaan Al Mulk yang paling didamba seorang Muslim adalah terhindarkan dari siksa kubur. Rasulullah SAW bersabda:

 

عن عبدِ اللهِ بنِ مسعودٍ رضي الله عنه قال:

 

(من قرأ { تباركَ الذي بيدِه الملكُ } كلَّ ليلةٍ ؛ منعه اللهُ عز وجل بها من عذابِ القبرِ .

وكنا في عهدِ رسولِ اللهِ نسميها ( المانعةَ ) ،

وإنها في كتابِ اللهِ عز وجل سورةٌ، من قرأ بها في كلِّ ليلةٍ ، فقد أكثر وأطاب)

أكثر وأطيب : أي أكثر العمل الصالح وأتى بما هو طيب .

 

Artinya: Dari Sahabat Abdullah bin Mas’ud RA mengatakan:“Barangsiapa membaca “Tabarkalladi biyadihil mulk” (surat Al-Mulk) setiap malam, pasti Allah Azza wa Jalla menghindarkannya berkat surat tersebut dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) pada masa Rasulullah SAW menamakannya “Al-Mani’ah”(pencegah/penghindar/penghalang). 

 

Sungguh surat tersebut ada dalam Kitab Allah Azza wa Jalla (Alquran), barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah melakukan amal yang banyak lagi baik.”  (HR. An-Nasa’i dan ini redaksinya, juga Al-Hakim). 

2. Imbalan surga

Surga merupakan tempat kembali yang diidam-idamkan seorang hamba. Membaca surat Al Mulk dikatakan akan membuat orang yang membacanya diganjar dengan surga. 

 

Nabi bersabda:

 

إنَّ سورةً من كتابِ اللهِ ما هي إلا ثلاثون آيةً، شفَعتْ لرجلٍ فأخرجَتْه من النَّارِ، وأدخلَتْه الجنَّةَ

 

Artinya: "Sesungguhnya ada surat dari Kitab Allah (Alquran), tidaklah surat tersebut melainkan hanya berisi 30 ayat, surat tersebut memberikan syafa’at (pertolongan) kepada seseorang sehingga mengeluarkannya pada hari kiamat dari api neraka dan memasukkannya ke surga, yaitu, surat Tabarak (Al-Mulk)." (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

 

3. Menjaga sunnah Rasulullah SAW

 

Membaca surat ini juga berarti mendawamkan sunnah Nabi SAW yang tidak pernah ia tinggalkan. Rasulullah SAW bersabda:

 

أنَّ النَّبيَّ صلَّى اللَّهُ علَيهِ وسلَّمَ كانَ لا يَنامُ حتَّى يقرأَ (الم تنزيلُ) وَتَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

 

Artinya: "Tidaklah Nabi SAW tidur hingga beliau membaca alif laam mim tanzil (surah as-Sajadah) dan tabaarakalladzi biyadihil mulk (surah al-Mulk)." (HR. Tirmidzi). 

 

Waktu terbaik membaca surat Al Mulk

 

Adapun waktu yang disarankan  membaca Surat Al Mulk adalah saat malam hari menjelang tidur. Tapi dibolehkan juga untuk membacanya pada pagi hari atau di waktu apapun karena pahalanya juga besar. 

Baca Surat Al Mulk di sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement