Sabtu 23 Jul 2022 08:34 WIB

The Jakarta Masters 2022 Targetkan Jaring Atlet Muda Berbakat 

The Jakarta Masters 2022 akan diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah

 Mantan Ketua PP Pordasi Eddy Saddak (pertama kiri) Founder The Jakarta Masters sekaligus owner ZZ Stable, Rohalia Kharisma Zein (kedua kiri) memberikan keterangan pers, Jumat (22/7/2022).
Foto: Dok Istimewa
Mantan Ketua PP Pordasi Eddy Saddak (pertama kiri) Founder The Jakarta Masters sekaligus owner ZZ Stable, Rohalia Kharisma Zein (kedua kiri) memberikan keterangan pers, Jumat (22/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Setelah selama hampir dua tahun lebih vakum karena pandemi Covid-19, event berkuda nasional The Jakarta Masters 2022 kembali digelar pada tahun ini.  

Event tahunan yang berlangsung di Arthayasa Stable Depok Jawa Barat ini, akan dilaksanakan empat hari pada 28-31 Juli 2022.  

Baca Juga

Founder The Jakarta Masters sekaligus owner ZZ Stable, Rohalia Kharisma Zein, mengatakan pihaknya terus melakukan persiapan dan diharapkan The Jakarta Masters bisa terlaksana dengan baik. 

"Alhamdulillah persiapan sampai detik ini sudah 98 persen. Agak deg-degan juga sih karena sudah dua tahun vakum karena pandemi. Tapi alhamdulilah dengan pandemi semakin membaik kami bisa kembali menyelenggarakan The Jakarta Masters ini," ujar Rohalia Kharisma Zein, Jumat (22/7/2022) di Arthayasa Stable kepada awak media.  

Dia menyebutkan pihaknya kali ini melaksanakan di Arthayasa Stable dan tidak kembali dilaksanakan di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Pulomas Rawamangun, Jakarta Timur agar atlet bisa merasakan berbagai venue berbeda. 

"Kita adakan di stable ini karena kalau di tempat lain partisipasi dan kuda bisa merasakan feel-nya beda di tempat lain. Jadi untuk meningkatkan skill adaptasi mereka," jelas Rohalia. 

Wanita yang akrab dipanggil 'emak Rohali' tersebut menyebutkan dalam perhelatan The Jakarta Masters 2022 ini minimal sudah ada 200 kuda beserta atletnya yang akan berlaga. 

"Pesertanya itu sampai saat ini sudah lebih dari 200, dari berbagai wilayah seperti Jawa Timur, Jawa Barat, bahkan dari Lampung dan Sumatra juga ada selain DKI Jakarta dan sekitarnya," kata Rohalia. 

Lebih lanjut dia menyebutkan nantinya pelaksanaan kategori lomba akan terdiri dari dua jenis yakni dressage dan jumping. 

Dalam event selama empat hari di Depok tersebut kata Rohalia murni dilaksanakan dari ZZ Stable, Aragon Stable, Arthayasa Stable dan juga ada dukungan dari Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi). 

"Untuk tahun ini hadiahnya ada motor listrik, tv 42 inch dan 32 inch, ada sepeda lipat, ada yang kasih sponsor dari sejumlah stable," lanjutnya. 

Meskipun nantinya pertandingan terbuka untuk umum dan gratis, pihak panitia tentunya akan mengingatkan masyarakat umum yang menonton untuk mematuhi protokol kesehatan.  

"Dan memang kita kemas family friendly ada food truck, ada bazar kecil juga, jadi bukan cuma komunitas berkuda saja yang menikmati, kita undang masyarakat umum yang ingin tahu event berkuda," ucap Rohalia. 

Event The Jakarta Masters 2022 tersebut akan diselenggarakan dari 28 - 31 Juli 2022 dimulai dari jam 8 pagi. 

"Harapan saya ini dapat menjadi wadah atlet berkuda Indonesia terutama equestrian, mereka dapat berlatih meningkatkan skill-nya dan mengundang masyarakat lain yang belum mengenal, sehingga dapat lebih tertarik melaksanakan olahraga berkuda," pungkas Rohalia Kharisma Zein.  

Sementara itu, Owner Aragon Stable, Eddy Saddak, menyebutkan selama sudah dua tahun karena pandemi tidak ada akhirnya The Jakarta Masters bisa kembali diselenggarakan. 

"Jakarta Masters ini yang ditunggu-tunggu komunitas berkuda, jadi tentunya ramai, ada 200 kuda lebih, maka persiapan harus matang benar. Tapi dengan dukungan banyak pihak dan mereka sudah terbiasa membuat event seperti ini, di Parongpong sampai entry nya 700 lebih," kata Eddy Saddak. 

Mantan Ketua PP Pordasi tersebut menyebutkan dirinya berharap agar penyelenggaraan The Jakarta Masters 2022 bisa terlaksana dengan baik. 

"Mudah-mudahan sukses, saya bersyukur sekali karena ada dressage juga ada jumping juga, dan dari mulai children, junior, U-21, yang senior itu semua ada di pertandingan, sehingga untuk pembinaan itu sangat baik," terang Eddy.      

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement