Sabtu 23 Jul 2022 20:06 WIB

Pantau Kesehatan Jamaah Haji, KKHI Madinah Gelar Medical Check Up

Medical check up dilakukan pada jamaah haji risiko tinggi.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah menggelar Medical Check Up (MCU) kepada jamaah haji gelombang dua di lima kelompok terbang (kloter). MCU perdana ini dijadwalkan kepada jamaah haji di lima kloter di antaranya JKG24, MES08, BTJ05, SOC22, UPG03, Sabtu (23/7/2022). Pantau Kesehatan Jamaah Haji, KKHI Madinah Gelar Medical Check Up
Foto: Republika/Ali Yusuf
Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah menggelar Medical Check Up (MCU) kepada jamaah haji gelombang dua di lima kelompok terbang (kloter). MCU perdana ini dijadwalkan kepada jamaah haji di lima kloter di antaranya JKG24, MES08, BTJ05, SOC22, UPG03, Sabtu (23/7/2022). Pantau Kesehatan Jamaah Haji, KKHI Madinah Gelar Medical Check Up

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah menggelar Medical Check Up (MCU) kepada jamaah haji gelombang dua di lima kelompok terbang (kloter). MCU perdana ini dijadwalkan kepada jamaah haji kloter JKG 24, MES 08, BTJ 05, SOC 22, dan UPG 03.

"Masing-masing kloter lima orang jamaah haji, tetapi pada kesempatan ini, cuma 17 orang yang hadir," kata Koordinator MCU KKHI Madinah Muhaimin Munizu, saat memberikan laporan penyelenggaraan MCU di KKHI Madinah, Sabtu (23/7/2022).

Baca Juga

Muhaimin mengatakan MCU ini akan dilakukan kepada 126 kloter jamaah haji gelombang kedua selama 21 hari kedepan. Di mana setiap harinya akan dijadwalkan 5-6 kloter dengan masing-masing 5-6 jamaah per kloter. 

"Hari ini, Sabtu, 23 Juli 2022, hari pertama MCU dilakukan," katanya.

 

Muhaimin menuturkan, pemeriksaan MCU meliputi anamnesis, pemeriksaan fisis, tanda vital, gula darah, rekaman jantung, USG jantung, konsultasi spesialis, farmasi dan edukasi. Ada 10 dokter dan dua perawat yang melakukan MCU kepada jamaah haji. 

Petugas yang melakukan MCU dibagi menjadi tiga tim kerja, yaitu tim A, B dan C. Pada hari ini, Tim B yang melakukan MCU kepada jamaah haji.

 

"Dalam melakukan MCU ini kami dibantu oleh tim Farmasi, tenaga pendukung kesehatan dan rekam medik," katanya.

 

"Alhamdulillah atas kerja sama teman-teman proses MCU berjalan dengan lancar," katanya.

Muhaimin mengatakan, apabila terdapat keluhan di luar jadwal MCU maka Tenaga Kesehatan Haji (TKH) dapat melakukan konsultasi medis via WhatsApp grup yang disediakan oleh Tim KKHI Madinah. Sehingga diharapkan seluruh jamaah dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang optimal.

"Kami selalu berdoa agar jamaah selalu diberikan kesehatan dalam menjalankan ibadahnya," katanya.

Kepala Seksi Kesehatan KKHI Madinah Rahmat Kurniadi mengatakan MCU ini untuk mengetahui kesehatan jamaah haji risti gelombang dua dari Makkah. "Dengan dilakukan skrining kesehatan kepada jamaah haji maka kita akan tahu resiko jamaah tersebut," katanya.

Rahmat mengatakan setelah mengetahui risiko penyakit yang diderita jamaah, maka tim kesehatan di KKHI Madinah akan mudah menentukan materi edukasi apa yang cocok disampaikan kepada jamaah haji. Edukasi merupakan bagian dari program pembinaan kepada jamaah haji yang diperintahkan undang-undang.

"Selanjutnya jamaah tersebut diedukasi agar jemaah mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatannya," ujarnya.

Menurutnya, skrining MCU ini bagian dari ikhtiar PPIH Arab Saudi bidang kesehatan menjaga kesehatan jamaah sampai tibanya di tanah air. MCU dilakukan khusus kepada jamaah haji yang memiliki risiko tinggi.

"Dengan harapan jamaah tetap sehat dan bisa kembali ke Tanah Air berkumpul keluarga dalam keadaan sehat," katanya.

Rahmat menyampaikan, nantinya hasil MCU akan dikootrdinasikan dengan dokter kelompok terbang (kloter) ketua kloter, dan ketua regu. Sehingga masing-masing perangkat kloter ini mengetahui status kesehatan jamaahnya. 

"Sehingga jamaah haji mendapat perhatian dokter kloter, ketua kloter, ketua regu sehingga saling menjaga agar jamaah haji tidak jatuh sakit karena kelelahan akibat aktifitas ibadah fisik yang berlebihan," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement